Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Isroatul Khasanah

Self-Love, Penting Namun Sering Diabaikan

Gaya Hidup | Monday, 22 May 2023, 20:46 WIB

Make pieces with your broken pieces. Sudahkah kamu mencintai diri sendiri?

Self-love adalah sebuah fondasi yang memungkinkan kita untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, mengejar minat dan mimpi, serta merasa bangga kepada diri sendiri. Saat benar-benar menerapkan self-love, Anda akan menerima diri sendiri apa adanya. Hal ini termasuk menerima semua kondisi dalam hidup, baik suka maupun duka, dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan. Namun, beberapa orang merasa kesulitan untuk mencintai diri sendiri, lalu bagaimana solusinya?

Pertama dan paling mendasar adalah dengan memenuhi kebutuhan dasar manusia kita dengan baik. Dengan memiliki tubuh yang sehat, jiwa dan raga akan punya kemampuan untuk membuktikan bahwa kita berharga dan layak dicintai. Selanjutnya adalah kamu perlu untuk mengatakan ‘tidak’ pada pekerjaan, orang, ataupun aktivitas yang dapat membuatmu terluka, speak for yourself, its okay to say no!

Maafkan dan ucapkan terima kasih pada diri sendiri, tidak ada kegagalan selama ada pelajaran yang dapat diambil dari kegagalan tersebut. Satu hal yang perlu diingat, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang mempunyai keunikan dan karakternya sendiri. Jangan lupa bahwa setiap orang itu berharga, entah dari mana ia berasal, berapa usia nya dan bagaimana latar belakang nya. Setiap orang mempunyai jalan hidupnya sendiri. Perlu Anda ingat, bahwa di dalam hidup mustahil Anda dapat membahagiakan semua orang. Sebab, jangan terlalu membebani diri dengan penilaian orang lain pada diri sendiri. Terlebih lagi orang yang tidak mempunyai kontribusi di dalam hidup Anda, maka sebaiknya abaikan saja.

illustration by : anneliesdraws

"I am who I am. Not who you think I am. Not who you want me to be. I am me." - Brigitte Nicole

Berikut beberapa manfaat menerapkan self love:

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Orang yang tidak dapat menerima diri mereka seutuhnya akan selalu merasa cemas, takut berbuat salah, gagal, atau takut ditolak. Perasaan-perasaan itu akhirnya menimbulkan kecemasan. Merasakan sedih atau kecewa saat gagal adalah hal yang wajar. Akan tetapi, dengan menerapkan konsep mencintai diri sendiri, Anda sudah mengetahui cara untuk bangkit kembali saat menerima kegagalan.

Lebih Percaya Diri

Confident atau percaya diri menjadi perubahan pertama yang terlihat ketika Anda mulai menerapkan konsep mencintai diri sendiri. Menerapkan self love membantu Anda menghilangkan hambatan dalam berkomunikasi dengan orang lain serta lebih berani mengekspresikan diri.

Punya Tujuan dan Motivasi Hidup yang Jelas

Self love dapat membuat seseorang memiliki kesadaran tinggi sehingga memiliki tujuan dan motivasi hidup yang lebih jelas. Orang dengan self love yang tepat dapat memahami kelebihan dan potensi yang dimilikinya. Dengan demikian, tidak sulit untuk menentukan pilihan hidup yang ingin dijalani.

Mengurangi Risiko Terkena Gangguan Mental

Ketika sudah bisa menghargai diri sendiri, Anda tidak akan mau masuk ke dalam hubungan beracun (toxic relationship) atau kebiasaan buruk. Dengan menerapkan self love, Anda jadi lebih menjaga pola makan sehat, membangun hubungan yang baik dengan orang lain, atau melakukan aktivitas positif. Melakukan hal positif tersebut dapat menurunkan risiko Anda mengalami gangguan mental.

Dengan ini, semoga semakin banyak orang yang menghargai dan mencintwai diri sendiri. Agar mereka sadar bahwa Self-love itu sangat penting dalam membantu berkembangnya diri kita, sehingga menjadi generasi sukses yang sehat di masa depan nanti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image