Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tiin nikma

Pentingkah Seorang Mahasiswa Membangun Personal Branding di Sosial Media?

Eduaksi | Monday, 22 May 2023, 16:13 WIB

Halo sobat mahasiswa Indonesia!
Kali ini kita akan membahas terkait seberapa penting seorang mahasiswa untuk mulai membangun personal branding di sosial media? untuk mengetahui jawabanya, yuk simak penjelasan berikut ini!
Pertama-tama kita harus mengetahui maksud dari personal branding terlebih dahulu. Nah, dikutip dari glints.com, mengutip dari salah satu artikel Forbes yang ditulis oleh Susan Genulius yang merupakan seorang President & CEO perusahaan marketing communication, personal branding adalah persepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan. Lebih sederhananya personal branding adalah sebuah citra diri yang bisa kita gunakan secara profesional untuk ditawarkan kepada orang lain. Personal branding pada era modern ini banyak dibangun lewat sosial media seperti LinkedIn, Instagram, dan sosial media lain yang sedang berkembang.


Bagi mahasiswa tentunya penting untuk membangun personal branding di sosial media, karena pada masa ini kita sudah sering mengikuti seleksi entah untuk perlombaan, open recruitmen kepanitiaan, maupun pendaftaran beasiswa terutama yang dilakukan secara online yang membutuhkan sebuah personal branding di sosial media untuk menarik perhatian recruiter, bagaimana caranya supaya orang lain dapat mengenal diri kita hanya dengan melihat isi akun sosial media kita.
Manfaatnya sendiri bagi kita sebagai mahasiswa untuk mulai membangun personal branding di sosial media adalah berikut : 1. Membuat orang lain menjadi tahu tentang passion dan minat kita secara garis besar2. Menarik perhatian recruiter yang sedang melihat akun sosial media kita sehingga kesempatan untuk diterima lebih besar3. Dapat menambah followers kita , sehingga kita dapat berpotensi untuk menjadi seorang influencer4. Dapat menginspirasi orang lain saat melihat sosial media kita

Cara membangun personal branding sebagai mahasiswa di sosial media dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Memposting pencapaian / achievement yang kita dapatkan di sosial media
2. Membuat konten yang berhubungan dengan passion dan minat bakat kita
Contohnya apabila kita berminat di bidang isu kesehatan mental maka kita dapat membuat sebuah karya tulisan atau vidio edukasi terkait isu kesehatan mental.
3. Memberikan keterangan bio yang berkaitan dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh agar identitas kita dapat diketahui dengan mudah oleh orang lain
4. Menggunakan foto profil yang rapi dan sesuai dengan citra yang ingin kita tampilkan


Nah, itu tadi cara-cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa agar dapat membangun personal branding di sosial media, semoga bermanfaat, terimakasih.





Contoh personal branding di sosial media instagram

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image