Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image khalisa ghina amalia

Keefektifan Media Sosial sebagai Media Marketing

Pendidikan dan Literasi | Monday, 22 May 2023, 10:40 WIB

Berdasarkan sebuah penelitian terdapat lebih dari 3,2 Miliar orang menggunakan media sosial. Angka ini tentu menarik dan juga menjadi bukti bahwa media sosial memang digandrungi masyarakat. Hal ini pun membuka peluang bagi para pebisnis sebagai target market mereka, apalagi di zaman sekarang dengan tren video pendek yang dengan gampangnya viral atau ditonton banyak kalangan pengguna media sosial. Namun semakin dikenal orang, tentu ada saja jenis-jenis penipuan yang ingin menjatuhkan dan merugikan para perintis bisnis.

Kurang rasanya ketika manusia menjalani hidup tanpa media sosial. Media sosial adalah sarana yang memegang peranan penting pada hampir semua lini pada masyarakat. Fungsi utama media sosial sebenarnya adalah untuk mencari dan memperbanyak teman, serta menjalin komunikasi. Kini fungsinya semakin bertambah, mulai dari branding diri, belajar, berbagi informasi, penyedia lowongan kerja, berjualan, marketing, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan peran media sosial pada marketing atau biasa disebut Social Media Marketing adalah salah satu jenis marketing yang sekarang sering digunakan dan menjadi penting bagi seluruh perusahaan. Mengapa hal ini disebut penting?

Inilah alasan mengapa Social Media Marketing dianggap penting

 

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Ketika kita mengunggah sebuah produk ke media sosial secara terus menerus, perlahan masyarakat akan menaruh perhatian. Awalnya mungkin masyarakat hanya melihat, namun jika terus diunggah ke media sosial, produk akan dianggap dan diingat oleh masyarakat.

Setelah diakui keberadaannya produk mu akan dibicarakan. Seperti adanya interaksi dengan like atau comment an mereka tentang produk mu, hal ini memungkinkan masyarakat untuk memberi pendapat mereka soal produk yang kamu tawarkan. Bagi perusahaan ini adalah cara untuk mengukur kekurangan dan kelebihan dari produk atau strategi pemasaran mu.

 

  • Mendapat Umpan Balik dan Strategi Pemasaran

Berjualan tanpa Social Media Marketing di zaman sekarang, rasanya akan jauh lebih susah untuk memikat pengunjung menjelajahi produk kita, target pun tidak bisa seluas Social Media Marketing. Salah satu tokoh sukses dalam penerapan marketing ini adalah Debby rahmalia. Ia adalah ilustrator buku anak berkat usaha marketing nya di media sosial, awalnya ia adalah mahasiswa s2 di Amerika, lalu keterima kerja di suatu instansi bernama LPDP, namun setelah ia bekerja ternyata Alesha, anak dari Debby rahmalia jatuh sakit. Pada saat itulah ia harus menentukan keputusan untuk pergi tanpa Alesha atau merawat dan menemani Alesha. Akhirnya beliau memilih untuk menjaga Alesha dan mengundurkan diri dari LPDP. Disaat inilah Debby rajin membuat ilustrasi dan mengunggahnya di media sosialnya yaitu instagram. Ia pun memiliki identitas dirinya sebagai ilustrator buku anak hingga ke mancanegara. Hanya karena beliau mengunggah karyanya ke media sosial, semua orang dapat menyaksikan dan memberi argumen terhadap karyanya, tentu hal ini tidak jarang mengundang para director atau beberapa peran yang membutuhkan ilustrator seperti Debby.

Masih sangat banyak kisah-kisah serupa seperti yang dialami Debby, mereka tidak menyangka produk yang mereka punya dapat disukai banyak masyarakat dan dapat mengubah hidupnya menjadi lebih baik dan lebih sukses.

Dibalik segala sisi positif Social Media Marketing dan ribuan kasus keberhasilan pebisnis memulai usaha nya, tentu terdapat beberapa kemungkinan negatif yang dapat kita hindari. Beberapa diantaranya adalah Menimbulkan persaingan yang tidak sehat, kesalahan kecil dapat merusak citra bisnis, memperbesar peluang hit and run, dan lain sebagainya. Seperti contohnya adalah brand Dessert by Najla, ia adalah brand kue dengan image yang bagus dan enak, namun akhir-akhir ini para masyarakat banyak yang mengeluh tentang dessert mereka yang datang tidak sesuai ekspektasi para pembeli, ada yang kemasannya pecah, isi dessert hancur atau berantakan, dan lain sebagainya. Hal ini menuai pro dan kontra dari pihak dessert by Najla, ada yang terespon dan diganti dengan baik, dan kabarnya ada juga yang dilaporkan ke polisi karena tindakan memfitnahan dan penipuan.

Komentar masyarakat tentu suatu hal yang diluar kontrol kita, entah argumen yang baik dan membangun atau argumen kebencian yang akan muncul di kolom komentar kita. Yang dapat kita lakukan adalah meningkatkan performa perusahaan dan menghasilkan konten marketing yang menarik dan pas.

Jika dapat saya tarik garis besar dalam keefektifan Media Sosial sebagai media Marketing, tentu akan lebih banyak dampak positif yang kita rasakan, jika kita dapat konsisten untuk membuat konten marketing yang menarik perhatian masyarakat serta berhati-hati dengan kemungkinan-kemungkinan yang sangat mudah terjadi. Bukan suatu hal yang mustahil untuk menjadi miliarder hanya karena strategi marketing yang luar biasa kreatif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image