Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lutfia ari Rahmawati

HP dengan Segala Efeknya

Eduaksi | Friday, 19 May 2023, 23:29 WIB

Di Zaman sekarang teknologi semakin maju atau modern, dulu kita jika ingin mengabari saudara jauh kita hanya bisa melalui surat yang dimana hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama. Setelah itu munculnya HP yang pertama kali dibuat oleh martin cooper, yang waktu itu hanya bisa digunakan untuk panggilan suara saja dengan bentuk yang sangat besar. Lalu bertambahnya tahun dan bergantinya generasi HP semakin terbarui dengan semua sistemnya. Seperti generasi kedua (2G) HP mulai bisa digunakan untuk panggilan suara dan SMS. Setelah itu munculnya generasi ketiga (3G) yang bisa digunakan untuk panggilan suara, SMS, selain itu sudah mulai bisa untuk mengakses internet email dan streaming video, selain SMS generasi ketiga sudah beralih aplikasi ke WA, line, dan telegram untuk digunakan sebagai tempat bertukar pesan. Di generasi keempat (4G) HP bisa digunakan untuk penggunaan aplikasi yang agak berat dan juga internet yang semakin menyeluruh atau luas. Dan yang generasi sekarang yaitu generasi kelima (5G) yang dimana HP sudah bisa untuk digunakan untuk game yang bagus dengan kualitas tinggi, serta teknologinya sudah menggunakan loT, AR, dan VR. Jika kita lihat dan rasakan hal ini membuat kita semakin mudah bukan untuk melakukan apapun, kita yang ingin belajar masak kita bisa melihat video di platform merah, bahkan jika kita ingin tau informasi terkini yang sedang trending kita dapat melihanya di twitter ataupun instagram, jika rindu dengan keluarga jauh kita bisa untuk video call, jika ingin berdagang kita bisa menjualnya di toko oren atau pun toko hijau, dan juga jika kita kehabisan bahan masakan ataupun kita ingin memesan makanan kita tidak perlu untuk keluar rumah cukup cuman dengan memesannya dari HP makanan atau bahan masakan akan sampai di rumah.

Dari HP yang sudah sangat canggih ini kita dapat mengetahui kejadian yang terjadi saat ini atau berita yang panas terjadi. Hal ini pasti kita akan melihatnya dan membaca hal tersebut. Namun apakah itu baik? Jelas hal ini akan menimbulkan dua kemungkinan, yaitu respon yang positif atau negative. Mengapa demikian? Karena terkadang seseorang yang membuat informasi, terlalu melebih lebihkan informasinya supaya menarik dan banyak yang membacanya. Terkadang orang yang menulis sebuah informasi tidak tahu pasti apakah yang dia tulis itu benar adanya atau hanya gosip semata. Hal tersebut dapat membuat pikiran orang menjadi negatif karena berita yang tidak pasti adanya dan bisa jadi membuat hal tersebut menjadi komentar yang negatif terhadap sesuatu berita. karena di zaman sekarang orang yang membaca berita atau melihat kejadian di social media akan langsung mengomentari, menyebar dan membicarakanya tanpa memilah terlebih dahulu apakah itu fakta atau hanya gosip. Dan akhirnya berujung dengan komentar yang negatif, memang tidak semua orang akan berkomentar ataupun membicarakannya dengan respon yang negatif tetapi banyak orang yang lebih cepat terhasut oleh berita – berita yang tersajikan. Sehingga, HP khususnya di social media adalah tempat untuk ujaran kebencian karena gampang tinggal tulis kata – kata yang kurang baik di sosial media lalu mempostingnya tunggu beberapa menit kemudian akan mengundang beberapa reaksi yang bermacam macam. Contoh Nya adalah berita tentang artis yang melakukan perselingkuhan. Apa yang terjadi? Jelas masyarakat akan langsung berkomentar di sosial media dengan bermacam komentar yang ada seperti mungkin menulis komentar yang tidak mengenakkan atau melakukan pembelaan dan menjatuhkan terhadap salah satu pihak. Selain itu kecanggihan dari HP sekarang juga bisa menjadi tempat untuk saling mengejek atau menjelekkan satu sama lain karena ketidak sukaannya terhadap seseorang. Sekarang banyak kan berita pembacokkan, pembunuhan, atau pelaporan polisi yang hanya dikarenakan tersinggung oleh postingan seseorang sehingga terjadilah kejadian yang kurang mengenakkan.

Selain itu dengan kecanggihan HP kita bisa menghibur diri kita dengan bermain game yang ada. Memang sangatlah seru memainkannya, karena kita menjadi sangat competitive dalam memainkannya supaya menjadi pemenang atau mendapatkan tempat pertama. Bahkan ada pertandingan atau lomba – lomba game dengan hadiah yang sangat besar atau menang dengan membawa nama baik bangsa itu sangat lah bagus sebuah prestasi. Tetapi hal ini juga bisa menjadi negatif. Karena game bisa membuat seseorang menjadi kecanduan dengan kita bermain game di posisi kalah terhadap lawan. Sehingga dapat membuat seseorang tidak terima karena kekalahannya, dan akhirnya dia main main dan terus main sampai dia menang. Dan akhirnya lupa akan segalanya seperti lupa waktu, makan, beribadah, dan bahkan mandi hanya untuk memenangkan sebuah game. Dan hal ini banyak terjadi dikalangan anak kecil dan anak remaja. Dimana mereka sampai rela bolos sekolah hanya untuk bermain game. Karena mereka bermain dari pagi sampai menjelang pagi lagi, dan hal ini sangat disayangkan karena beberapa generasi muda rusak hanya karena game.

Maka dari itu, kita harus hati – hati menggunakan HP, memang HP merupakan benda mati yang dimana dia hanya bisa berpindah tempat karena kita. Tetapi HP juga bisa merugikan diri kita sendiri atas kemudahan yang HP berikan kepada kita. Maka dari itu kontrol diri kita, karena yang hanya bisa membalasnya ya diri kita sendiri

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image