Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lubercha Ananta Husniah

Generasi Z Kini Mulai tak Tertarik untuk Menikah, Benarkah?

Info Terkini | Friday, 19 May 2023, 15:36 WIB

Generasi Z, merupakan generasi yang lahir pada tahun 2000-an. Maraknya informasi yang beredar mengenai konflik dalam hubungan berujung perceraian, membuat generasi Z enggan untuk menikah. Banyak hal yang menjadi alasan generasi Z memilih untuk menunda pernikahan.

Gambar: Dokumentasi dari Google.com

Faktanya, menikah bukan hal penting bagi zaman sekarang. Maraknya media sosial dengan beredarnya berita mengenai perceraian. Rumah tangga akan isu konflik negatif dan banyaknya kasus perselingkuhan yang membuat anak muda menjadi semakin enggan untuk menikah. Menurut generasi Z, seumur hidup itu terlalu lama jika dihabiskan bersama orang yang tidak tepat. Para ahli mengatakan jika pernikahan bukan lagi prioritas utama kalangan anak muda. Studi yang dilakukan Pew Research menemukan bahwa sedikitnya ada 26% kaum milenial yang menunda pernikahan. Studi juga menyebutkan jika hampir 70% pemuda milenial masih lajang atau tidak terlalu memikirkan kisah percintaan di hidupnya.

Faktor apa saja yang membuat generasi Z enggan untuk menikah?

1. Faktor trauma anak broken home. Orang tua yang gagal dalam berumah tangga tentunya akan membuat trauma bagi anak, sehingga mereka ragu untuk menikah.

2. Faktor maraknya perceraian. Ramainya pengguna media sosial yang memberitakan tentang perselingkuhan menyebabkan anak muda pengguna media sosial mempertimbangkan untuk menikah.

3. Faktor kesadaran generasi Z terhadap kesehatan mental. Generasi Z termasuk golongan yang mudah mengalami gangguan kesehatan mental atau depresi yang cukup tinggi.

4. Faktor finansial yang belum stabil. Pola pikir anak muda zaman sekarang melihat banyak konflik rumah tangga dari faktor ekonomi. Generasi Z melihat hal itu membuatnya berpikir bahwa menikah membutuhkan finansial yang cukup besar.

5. Faktor standar terhadap pasangan. Media sosial seperti Tiktok, Instagram dapat mempercepat informasi menyebar luas kepada khalayak umum. Adanya tren di media sosial dengan banyaknya standar pria idaman atau wanita idaman membuat generasi Z melakukan banyak pertimbangan untuk menikah.

Oleh karena itu generasi Z mulai kurang tertarik untuk menikah karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Menurut generasi Z faktor tersebut, jika sudah tepat waktunya maka akan bertemu dengan satu orang yang memiliki tujuan dan bersedia untuk menua bersama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image