Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naili Rachma

Pulau Jawa yang Paling Kaya, Kok Bisa?

Lainnnya | Wednesday, 17 May 2023, 11:51 WIB
Sumber: Foto milik pribadi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tercatat 5,03 persen sepanjang kuartal I 2023 masih terpusat di Pulau Jawa.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud mengatakan untuk kuartal I 2023 ini Pulau Jawa masih berkontribusi sebesar 57,17 persen terhadap perekonomian nasional dengan capaian pertumbuhan 4,96 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia selama kuartal I 2023 masih didominasi oleh pertumbuhan di pulau Jawa. Tercatat secara share Jawa memberikan dominasi 57,17 persen," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (5/5).

Pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa dapat meningkat dikarenakan beberapa faktor, di antaranya:

1. Potensi sumber daya manusia yang besar: Pulau Jawa memiliki populasi yang sangat besar dan juga memiliki tingkat pendidikan yang relatif tinggi. Potensi sumber daya manusia yang besar dapat menjadi modal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena sumber daya manusia yang berkualitas akan meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi.

2. Potensi sektor industri: Pulau Jawa merupakan kawasan industri yang penting di Indonesia, dengan adanya berbagai sektor industri seperti manufaktur, petrokimia, dan elektronik. Potensi sektor industri yang besar dapat memacu pertumbuhan ekonomi, karena sektor industri akan meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja.

3. Infrastruktur yang berkembang: Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di Pulau Jawa, seperti jalan tol, bandara, dan pelabuhan. Infrastruktur yang berkembang akan mempermudah mobilitas barang dan orang, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

4. Potensi sektor pertanian: Pulau Jawa juga memiliki sektor pertanian yang potensial, seperti padi, jagung, tebu, dan sayuran. Potensi sektor pertanian dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena sektor pertanian akan meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja.

5. Potensi sektor pariwisata: Pulau Jawa memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti candi-candi sejarah, pantai, dan pegunungan. Potensi sektor pariwisata yang besar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena sektor pariwisata akan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pemasukan devisa.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga harus diimbangi dengan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan sosial, Agar pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Pulau Jawa dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image