Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aqilah Izzatul

Stay Independent Woman di Tengah Banyaknya Kasus Perselingkuhan!

Curhat | Monday, 15 May 2023, 23:27 WIB

Banyaknya kasus perselingkuhan yang terjadi membuat para perempuan yang memilih untuk menjadi independent woman, dari pada hidup bergantung kepada laki-laki. Sebenarnya apa sih independent woman itu ? independent woman sendiri adalah istilah yang tersusun dari dua kata independent dan woman. Independent yang berartikan mandiri dan woman yang berartikan perempuan. Sehingga jika digabung yaitu menjadi perempuan yang mandiri. Maksud dari perempuan yang mandiri adalah perempuan yang memiliki tujuan sendiri, memenuhi kebutuhan sendiri, dan mempunyai pendapatan sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Tapi apakah hal itu berdampak positif bagi para perempuan ? kenyataannya hal ini berdampak positif dan negative. Positifnya karena hal itu bisa membuat para perempuan menjadi mandiri secara finansial ataupun mental. Juga dapat mencegah banyaknya kasus pernikahan dini. Namun hal itu juga mendapatkan efek negative yaitu membuat para perempuan menjadi tidak terlalu membutuhkan sosok pasangan dalam kehidupannya karena merasa semua bisa mereka handle.

Lalu bagaiman sosok independent woman dalam agama? Didalam Al-Quran sendiri tepatnya di surat At-Taubah:71 telah dijelaskan bahwa islam mengangkat derajat seorang perempuan dan memberinya kebebasan, kemandirian, kehormatan, serta kepribadian yang independent. Islam mengajarkan bahwa kedudukan laki-laki dan perempuan itu sama di mata Allah.

Tetapi dari semua itu tenyata ada beberapa factor yang mengharuskan seorang perempuan menjadi independent woman.

Tulang punggung keluarga, hal ini kebanyakan terjadi kepada anak perempuan pertama dari sebuah keluarga. Yang mengharuskan mereka menjadi tulang punggung bagi keluarganya karena ekonomi bagi seorang perempuan itu sangat perlu di perhatikan, sebab jika ekonomi mereka kuat maka peran mereka dalam keluarga dan masyarakat akan kuat juga.

Single mother, menjadi orang tua tunggal menjadikan perempuan mempunyai tanggung jawab besar terutama pada kehidupan ananknya. Membuat mereka mau tidak mau menjalankan dua peran menjadi tulang punggung sekaligus ibu bagi anaknya. Tentu saja ini bukan hal yang mudah bagi mereka.

Trauma, entah itu trauma akan pernikahan atau tentang percintaan. Hal itu banyak menjadikan perempuan berpikir seribu kali tentang pasagannya. Dan memilih untuk memiliki karakter independent woman agar tidak selalu bergantung kepada pasangan.

Dengan viralnya berita perselingkuhan dimana-mana menjadikan alasan kuat bagi Sebagian perempuan untuk menjadi independent woman. Setidaknya mereka mempunyai pegangan jika suatu hal buruk terjadi nantinya. Dengan hal ini menjadikan perempuan lebih selektif untuk memilih pasangan hidupnya agar bisa menciptakan keluarga imipiannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image