Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aurelia Ayu Amelia Putri - Universitas Pamula

Faktor Terjadinya Pembunuhan

Lainnnya | Monday, 15 May 2023, 23:03 WIB
Pembunuhan yang didasarkan oleh dendam

Pembunuhan akan terus terjadi dan bisa dialami siapa saja. Selama masih ada konflik-konflik sosio-emosional yang belum terselesaikan antara individu satu dengan lainnya, antara sekelompok orang kepada kelompok lainnya.

Untuk mengungkapkan suatu alasan seseorang menjadi pembunuh yaitu terdapatnya dendam yang tersimpan atau konflik. Sebab pembunuhan juga bisa dilakukan siapa saja, anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Jika melihat pada kasus-kasus pembunuhan yang terungkap, ada banyak motif yang mendasari terjadinya pembunuhan. Di antaranya, reaksi terhadap kekerasan yang dialami sehingga muncul keinginan untuk menyelamatkan diri dari tekanan dan kekerasan.

Ini bisa dilihat dari kasus pembunuhan yang dilakukan seorang pembantu kepada majikannya. Merasa sakit dan tidak dapat melarikan diri dari tempat kejadian, akibatnya hampir selalu mereka menyerang. Motif lain adalah sakit hati dan balas dendam.

Pembunuhan bisa dilakukan seorang diri, tetapi juga bisa dilakukan secara bersama. Berbagai faktor penyebab seringkali menjadi daya penggerak bagi seseorang merencanakan, memutuskan, dan membunuh orang lain.

Ini bisa dipicu karena adanya konflik sosio-emosional. Seorang yang merasa kecewa, sakit hati atau dendam secara ekstrem akan melampiaskan rasa kecewa, sakit hati, dendam atau amarah dengan cara membunuh..

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image