Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

UAD Sediakan Beasiswa Kuliah Gratis untuk Prodi Kedokteran

Edukasi | Monday, 15 May 2023, 09:25 WIB
Gedung Laboratotium Terpadu Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah S-1 di jurusan Kedokteran untuk periode akademik 2023/2024 melalui program Beasiswa Kedokteran UAD 2023. Kesempatan ini hanya untuk siswa kelas XII SMA/MA IPA lulusan 2022 atau yang akan lulus pada tahun 2023.

UAD memberikan kesempatan dan fasilitas bebas biaya pendidikan selama 8 semester untuk jenjang Sarjana Kedokteran dan biaya pendidikan Profesi Dokter selama 4 semester. Menurut laman resmi penerimaan mahasiswa baru (PMB) UAD, beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan UAD kepada mahasiswa baru yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah/‘Aisyiyah, juga Pondok Pesantren Muhammadiyah/‘Aisyiyah yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan bisa bersaing serta mempunyai tekad kuat untuk melanjutkan kuliah tetapi kurang mampu secara ekonomi.

Berikut adalah jadwal pendaftaran Beasiswa Kedokteran UAD 2023:

· Pendaftaran: 2 Mei–2 Juni 2023 pukul 23.59 WIB

· Verifikasi berkas pendaftaran: 3–7 Juni 2023

· Pengumuman hasil seleksi tahap 1: 10 Juni 2023

· Tes Kemampuan Akademik (TKAD) Online: 12 Juni 2023

· Pengumuman hasil seleksi TKAD: 14 Juni 2023

· Psikotes dan Tes IQ: 16 Juni 2023

· Wawancara: 24 Juni 2023

· Pengumuman akhir: 27 Juni 2023

Pendaftaran secara daring melalui laman pmb.uad.ac.id akan ditutup pada tanggal akhir setiap tahap pendaftaran pukul 13.00 WIB. Syarat dan berkas pendaftaran beasiswa ini dapat diakses melalui laman resmi UAD. Berikut adalah rangkuman berkas yang diperlukan untuk mendaftar, di antaranya:

1. Pas foto berwarna terbaru berpakaian formal

2. Kartu Keluarga

3. Bukti dokumen:

a. Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang masih berlaku atau

b. Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan bahwa sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

c. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/Wali dan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah setempat

4. Rapor Semester 1 sampai dengan 5

5. Surat keterangan dari Panti Asuhan/Pondok Pesantren Muhammadiyah bahwa yang bersangkutan tinggal di Panti Asuhan/Pondok Pesantren minimal selama 1 tahun

6. Surat rekomendasi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) atau Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) setempat yang menyatakan kebutuhan tenaga dokter untuk Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Kesehatan

7. Surat Keterangan aktif organisasi otonom

8. Surat Pernyataan Kesediaan ditempatkan dan/atau Mengabdi di Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Kesehatan minimal 8 (delapan) tahun

9. Surat Kesanggupan Menjadi Kader Muhammadiyah

10. Surat Kesanggupan Penanggung biaya hidup selama kuliah oleh orang tua atau wali

11. Ijazah bagi lulusan 2022 Ijazah SMA

Calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri dalam program ini dan bersifat gratis. Informasi selengkapnya dapat dibaca di laman resmi pmb.uad.ac.id. (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image