Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MUHAMMAD RIZIEQ FAUZAN ASSEGAF 2021

4 Cara Ampuh Atasi Stress

Gaya Hidup | Thursday, 23 Dec 2021, 20:32 WIB

Belakangan ini stress menjadi suatu kata yang lumrah dibicarakan oleh sebagian orang, banyak faktor yang menyebabkan orang merasa stress, contohnya stress karena pandemi, kesusahan dalam belajar atau bahkan perkara putus dengan pacar. Namun, sebenarnya stress itu apa sih?.

Stress dapat didefinisikan sebagai respon total seorang individu terhadap tuntutan dan tekanan dari lingkungan sekitarnya yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan menjadi bagian dari kehidupan setiap manusia. (Stein dan Cutler, 2002)

Stress bisa menyebabkan orang mengalami kecemasan, keluhan fisik bahkan depresi. Sebelum stress yang dialami menjadi lebih parah, ada baiknya kita mengetahui cara untuk mengatasi stress yang berskala ringan. Yuk, cari tahu bagaimana caranya!.

1. Work-life balance

Keseimbangan dalam membagi waktu untuk melakukan pekerjaan dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat dapat menjadi cara untuk menghilangkan stress. Ketika kejenuhan akan melakukan pekerjaan sudah mulai terasa, berinteraksi dan berbagi cerita dengan orang-orang terdekat dapat meringankan beban pekerjaan dan menghadirkan ketenangan.

2. Meditasi

Salah satu cara untuk mengatasi stress adalah dengan bermeditasi, dengan bermeditasi kita dilatih untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, dan diharapkan dapat mencapai tingkat ketenangan dan kedamaian, tentulah hal ini dapat mengurangi tingkat stress.

3. Olahraga

Olahraga dapat menjadi salah satu sarana untuk menghilangkan stress, ketika berolahraga, tak hanya tubuh yang bergerak, otak juga ikut bekerja dan menstimulisasi badan untuk mengeluarkan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan gembira dan berefek pada berkurangnya stress.

4. Menekuni hobi

Hobi tentu saja merupakan suatu hal yang disukai, dengan melakukan hal-hal yang disukai dan disenangi maka segala stress dan kegundahan akan hilang, jika tingkat stress sudah mulai tinggi dan dirasa mengganggu, segeralah alihkan perhatian dan fokus menekuni hobi.

Inilah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi stress ringan, semoga informasi ini dapat berguna bagi kita semua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image