Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indriati

The Evolution of E-commerce: Bagaimana Teknologi Mengubah Cara Kita Berbelanja

Teknologi | Sunday, 14 May 2023, 20:37 WIB

Berbelanja adalah salah satu kegiatan kecintaan kaum hawa. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa berbelanja adalah sebuah kebutuhan, baik wanita maupun pria tidak luput dari berbelanja. Sebelum teknologi semakin canggih seperti saat ini, berbelanja di lakukan secara langsung yaitu dengan mengunjungi toko, pasar, ataupun tempat perbelanjaan lainnya.

Namun di era Industri 4.0 yang serba digital ini, untuk berbelanja tidak perlu lagi repot menguras energi untuk berkeliling tempat perbelanjaan agar dapat menemukan apa yang dibutuhkan. Generasi Milenial saat ini hanya perlu rebahan sambil scroll gadget dengan membuka E-commerce favorite, misalnya saja Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

ilustrasi Evolusi E-commerce (https://www.medcom.id/)

Untuk berbelanja melalui E-commerce hanya perlu 3 step yaitu, pilih, check out, bayar. Sangat mudah bukan? Kemudahan yang ditawarkan oleh E-commerce membuat penggunanya menjadi bertambah setiap tahunnya. Dikutip dari jurnal Dampak E-service terhadap kepuasan pelanggan pada E-commerce Bukalapak; oleh Irwan Satria Wibawa, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 139 juta, kemudian naik menjadi 154,1 juta pada tahun 2018. Tahun 2019 mencapai 168,3 juta pengguna dan diproyeksikan 212,2 juta pengguna pada tahun 2023. Dengan adanya teknologi yang memudahkan ini tentunya dibarengi dengan perubahan cara berbelanja.

Apa saja perubahan tersebut?

1. Kemudahan akses

Hanya dengan duduk ataupun rebahan, dimanapun dan kapanpun kita bisa menjangkau E-commerce melalui gadget dengan koneksi internet. Tidak perlu lagi mengunjungi tempat perbelanjaan, hal ini memberikan kemudahan untuk menghemat waktu dan tenaga.

2. Pilihan produk yang lebih luas

Melalui E-commerce, kita memiliki akses dengan merek dari berbagai macam produk dari seluruh dunia. Hal ini memberikan kemudahan kita untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginan kita yang mungkin sulit untuk ditemukan di toko perbelanjaan fisik.

3. Perbandingan harga yang mudah

Dengan disediakannya beragam pilihan produk di E-commerce, kita dapat dengan mudah membandingkan harga produk dari berbagai penjual. Hal ini memberikan kemudahan kita untuk mendapatkan harga terbaik dan menemukan penawaran diskon atau promosi yang lebih baik.

4. Ulasan dan rekomendasi

E-commerce sering kali memiliki sistem ulasan dan rekomendasi pengguna. Hal ini membantu kita membuat keputusan belanja dengan memberikan informasi tentang kualitas produk, pengalaman pengguna sebelumnya, dan saran dari orang lain.

5. Pengiriman yang cepat dan mudah

E-commerce membuat proses pengiriman lebih cepat dan efisien dengan menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman cepat atau pengiriman pada hari yang sama. Beberapa platform bahkan menawarkan pengiriman gratis atau murah untuk memikat konsumen.

Kemudahan yang ditawarkan oleh E-commerce merupakan salah satu kelebihan. Namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Oleh karena itu sepatutnya sebagai smart user, kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak.

Kontributor: Indriati Mahasiswi prodi Teknik Elektro Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image