Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Tips dan Trik Yang Bikin Peforma Larimu Meningkat

Olahraga | Sunday, 14 May 2023, 19:41 WIB

Halo runners! Apa kabar nih? Pastinya makin sehat dong. Kan rajin olahraga lari tiap minggu. Oiya, disini aku bakal kasih tips and trik gimana sih biar performa lari kalian para runlovers biar makin manteb dan pastinya kebut. Simak penjelasan dibawah yaa.

Agus Prayogo adalah seorang atlet lari Indonesia yang telah menyabet berbagai prestasi baik itu tingkat Nasional bahkan Internasional. Gambar diambil dari : akun tiktok @agusprayogo21

Sebelumnya aku bakalan kasih sedikit informasi dasar mengenai olahraga lari. Olahraga lari merupakan aktivitas yang menyertakan fisik atau tubuh atau raga manusia yang melibatkan langkah kaki dengan pergerakan atau kecepatan tertentu, baik dalam jarak pendek maupun panjang. Berdasarkan kecepatannya, lari dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu lari pelan atau santai (jogging) dan lari dengan kecepatan penuh atau biasa disebut dengan sprint. Olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga paling simple *tapi sebelum kenal sepatu Nike, Hoka, dll hehehe. Kenapa disebut paling simple? karena olahraga lari tidak memerlukan alat khusus untuk digunakan saat berlari di lapangan. Kalian hanya perlu menggunakan pakaian berlari dan sepatu olahraga yang nyaman bestie. Yang digunakan juga sederhana, kalian bisa berlari dijalanan aspal, stadion lari, treadmill, rerumputan, dan lain sebagainya.

Kalian pasti tau apa tujuan dari olahraga lari. Beberapa orang melakukannya untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Ada pula untuk menurunkan berat badan, menguatkan otot, sarana melepas stress, maupun menjalankan hobi-nya hingga akhirnya dapat meraih prestasi kompetitif dalam perlombaan lari. Ada berbagai manfaat yang bakal kamu dapetin, yaitu meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan mental, dan lain sebagainya.

Olahraga lari bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik itu laki-laki atau perempuan, usia tua maupun muda, anak-anak maupun orang dewasa. Namun, sebelum memulai program lari disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terutama jika kalian memiliki kondisi medis yang mungkin memengaruhi kemampuan kalian untuk berlari. Selain itu, penting ntuk mengenakan sepatu lari yang sesuai dan melakukan pemanasan serta pendinginan sebelum dan setelah berlari guna mengurangi cedera.

Oke, tanpa berpikir panjang langsung aja nih minceu spill tips and trik supaya peforma lari kalian lebih bagus lagi.

1. Jangan berlari dalam keadaan bertumpu menggunakan tumit

Seorang pelari yang berlari menggunakan tumit, maka yang terjadi adalah posisi badan cenderung tegak lurus keatas. Sehingga dorongan yang kan dihasilkan akan keatas juga. Tetapi jika seorang pelari berlari dan bertumpu dengan menggunakan bola-bola kaki bagian depan, maka posisi badan lebih cenderung condong kedepan sehingga ada dorongan kedepan. Dengan seperti itu, jangkauan langkah kaki otomatis akan lebih jauh dibandingkan dengan seorang pelari yang berlari dengan menggunakan tumit dalam bertumpu.

2. Permainan ayunan lengan yang tidak berlebihan

Yang dimaksud tidak berlebihan diatas yaitu lengan kalian tidak bergerak mengayun terlalu kebelakang dan kedepan. Ayunkan tangan secukupnya saja sehingga kalian tidak akan merasakan lelah yang berlebihan ketika olahraga berlari.

3. Pandangan mata tetap kedepan

Arahkan pandangan kalian kedepan dan fokus jalur yang dilalui saat berlari. Jika kalian berlari dengan pandangan kebawah, maka yang akan terjadi yaitu nafas kalian akan lancar dan tidak mudah engap saat berlari. Begitu juga dengan melakukan pandangan terlalu keatas, selain sulit melakukan pernafasan yang baik kalian akan merasakan pusing dan sulit mengatur langkah.

4. Tangan mengepal tetapi jangan terlalu kencang

Kepalkan tangan dengan santai atau jangan mengepalkan tangan terlalu keras. Maka yang terjadi yaitu kalian akan merasakan pegal didaerah kepalan tangan tersebut. Sehingga memengaruhi peforma lari kalian yang akan merasakan lelah juga.

5. Atur nafas sebaik mungkin

Tips ini sangatlah berarti bagi kalian para runners pemula. Karena, jika kalian salah mengambil teknik bernafas maka kalian akan sulit melakukan adaptasi dalam berlari. Gunakan teknik 3-1 atau tiga kali langkah kaki satu kali tarik dan buang nafas. Jika sudah terasa buang maka turunkan irama bernafas kalian. Seperti 2-1, dua kali langkah kaki satu kali tarik dan buang nafas. Biasakan gunakan pernafasan perut dalam berlari.

Dari tips and trik yang sudah aku jelaskan diatas, aku bakal beri kalian teknik-teknik dasar lari yaitu running drills atau biasa disebut dengan running ABC. Adapun gerakan gerakan running drills yaitu sebagai berikut :

1. Angkling

Angkling adalah gerakan jinjit maju kedepan dengan bola kaki sebagai tumpuan tungkai kiri dan kanan berselingan melakukan ayunan secara bergantian. Gerakan angkling memberikan dasar untuk membuat telapak kaki mendarat secara simetris.

2. Knee Up

Gerakan knee up adalah gerakan melangkah kedepan dimana lutut diangkat secara bergantian dengan kaki atau tungkai bawah membentuk sudut kita-kira 70°-85°. Sementara kaki tumpu lurus dan bertumpu pada bola-bola kaki.

3. Hell But Kick

Gambaran umum gerakan ini adalah seperti orang berlari namun tumit lebih diangkat kebelakang untuk mengenai pantat.

4. Kicking

Gambaran umum gerakan Kicking yaitu seperti orang menendang bola yang digantung setinggi mata kaki yang dan diayun kedepan secara bergantian. Kaki yang menendang lurus kedeoan membentuk sudut kira-kira 45°.

5. Touch Bounding

Biasa disebut dengan skipping, gambaran umum gerakan ini seperti orang melakukan lompatan kedepan dengan menggunakan kedua kaki sebagai tolakan dan ketika diudara salah satu kaki ditekuk membentuk sudut 90° an mendarat dengan kaki lainnya.

6. Bounding

Gerakan ini mirip seperti lompatan kijang. Karena gerakan ini berarti melompat dengan kaki bergantian dengan lompatan gerakan arah horizontal kedepan.

Pastikan tips and trik dan teknik-teknik dari aku di-aplikasikan yaa temen-temen. Kalian harus mulai merasakan apasaja kesalahan kalian saat melakukan olahraga lari, sehingga kalian dapat segera memperbaikinya dan mendapatkan peforma berlari yang lebih memuaskan. Salam olahraga salam sehat bagi kita semua. See u on the next time!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image