Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image One Azizah Maratus Sholihah

Semua Anak Ingin dan Butuh Support System

Parenting | Friday, 12 May 2023, 18:34 WIB

Belakangan ini banyak sekali remaja yang sedang berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi yang mereka dambakan. Banyak pula orang tua yang menemani anak mereka dalam berjuang meraih mimpi mereka, salah satunya Ibu dan anak asal temanggung yang sedang ramai diberitakan ini.
Banyak sekali tanggapan dari netizen mengenai berita tersebut. Ada yang menanggapi bahwa anak tersebut beruntung memiliki ibu yang supportif. Namun, tidak sedikit pula yang menanggapi bahwa generasi saat ini adalah generasi yang lemah karena hal yang menurut mereka kecil saja harus didampingi oleh orang tua.

Padahal yang dilakukan oleh ibu tersebut merupakan bentuk dukungan yang dapat la lakukan untuk anaknya. Dengan diantar dan ditunggui orang tua ketika melaksakan ujian tidak dapat dijadikan alasan untuk
menjustifikasi bahwa anak tersebut merupakan anak yang lemah. Bahkan terkadang orang tua sendiri yang bersemangat ingin mengantar dan menemani anaknya dalam meraih mimpi mereka. Dan hal tersebut merupakan hal yang sangat baik karena anak merasa didukung oleh orang-orang terdekat mereka.
Seorang anak juga memerlukan support system khususnya dari anggota keluarga yang notabenenya merupakan orang terdekat anak. Support system tidak hanya dari keluarga saja, namun dari lingkungan sekitar mereka juga.

Remaja membutuhkan dukungan dan panduan dari orang dewasa untuk membantu mereka mengatasi tantangan dan masalah yang muncul selama masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tidak hanya itu, support system yang baik dapat membantu merek membangun keterampilan sosial dan interpersonal yang penting, dan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat secara mental dan emosional.
Support yang dapat diberikan biasanya berupa dukungan moral, bimbingan, nasihat, dan sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Mensupport juga melibatkan memberikan motivasi dan dorongan agar seseorang dapat mencapai tujuan atau potensi terbaiknya.

Namun perlu diingat mensupport dan memanjakan merupakan hal yang berbeda. Kedua hal tersebut akan memberikan hasil yang berbeda pula. Oleh karena itu orang tua perlu mengetahui dan memahami bagaimana cara mensupport anak tanpa perlu memanjakan nya sehingga dapat memberikan dukungan yang tepat dan membantu seseorang tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ditulis oleh One Azizah Mar'atus Sholihah mahasiswa Universitas Airlangga sebagai pemenuhan tugas PDB.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image