Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Mengapa Pasangan Memilih Childfree: Alasan dan Dampaknya?

Gaya Hidup | Friday, 12 May 2023, 11:55 WIB

Belakangan ini ramai dibicarakan mengenai childfree. Sebelumnya apasih childfree itu? Lalu mengapa pasangan memilih childfree dan bagaimana keputusan ini memengaruhi kehidupan mereka? Childfree ialah ketika pasangan suami istri setuju untuk tidak memiliki anak setelah menikah. Childfree sendiri sempat menjadi kontroversi di kalangan masyarakat karena ada beberapa yang menyetujui adapula yang tidak setuju dengan alasan salah satu tujuan menikah adalah mempunyai keturunan. Namun, sebenernya childfree sendiri merupakan suatu keputusan tiap pasangan masing masing.

Beberapa alasan yang menjadi factor pendukung mengapa ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk childfree. Pertama mungkin dari sisi ekonomi, karena sebagian dari mereka merasa bahwa membesarkan anak tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, adapula yang merasa bahwa semakin banyak anak akan semakin banyak rezeki. Kedua, ada beberapa pasangan yang memang belum siap secara mental untuk memiliki anak. Pada poin ini kita tidak bisa menyalahkan begitu saja karena kondisi mental seseorang tentu berbeda beda. Pada dasarnya apabila memang kalau secara mental kita tidak siap kemungkinan terburuknya adalah pada saat kita mempunyai anak kita akan merasa terbebani dan takutnya akan salah mendidik anak tersebut. Ketiga, mereka ingin focus dengan karir mereka.

Lalu adapun beberapa dampak yang timbul dari childfree sendiri, dampak negative maupun dampak positif. Untuk dampak negatifnya tentu bagi pasangan childfree, terkadang sulit menghadapi tekanan sosial, terutama dari keluarga dan teman yang menekan mereka untuk memiliki anak, mereka juga tidak akan mempunyai pewaris untuk melanjutkan bisnis yang mungkin mereka jalani. Untuk dampak positifnya salah satunya adalah hubungan antar pasangan akan lebih erat karena waktu bersama pasangan akan lebih lama sehingga dapat mempererat hubungan satu sama lain, mereka mungkin akan memiliki fleksibilitas dalam memilih karir yang dijalani tanpa terikat dengan tanggung jawab merawat anak.

Namun, keputusan childfree bukanlah keputusan yang mudah dan pasti tidak cocok untuk semua orang. Pasangan harus mempertimbangkan keinginan dan nilai-nilai mereka, serta dampak sosial, finansial, dan psikologis dari keputusan tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image