Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sri Dewi Lestari Yuana

Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Indonesia di Era Pasar Global

Lainnnya | Friday, 12 May 2023, 08:23 WIB

Indonesia dengan populasi lebih dari 270 juta jiwa dan letak geografis yang strategis di Asia Tenggara memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin ekonomi di kawasan tersebut. Namun, untuk dapat memanfaatkan potensi ini, Indonesia perlu mengatasi beberapa tantangan struktural dan meningkatkan daya saing ekonominya.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah kurangnya investasi di sektor manufaktur dan industri. Indonesia saat ini masih bergantung pada ekspor komoditas seperti batu bara dan minyak, yang mengalami fluktuasi harga yang signifikan di pasar global. Meningkatkan investasi di sektor manufaktur dan industri dapat membantu mengurangi ketergantungan Indonesia pada ekspor komoditas dan meningkatkan daya saing ekonominya.

Selain itu, Indonesia juga perlu meningkatkan kualitas infrastruktur, termasuk jalan raya, pelabuhan, dan bandara. Infrastruktur yang berkualitas akan membantu meningkatkan konektivitas antara wilayah-wilayah di Indonesia dan meningkatkan produktivitas di sektor-sektor ekonomi yang berbeda.

Pemerintah Indonesia juga perlu memperkuat regulasi dan memberikan insentif bagi sektor swasta, termasuk perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Hal ini akan membantu meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak, serta membuka peluang bagi pelaku usaha untuk berinovasi dan berkembang.

Transformasi digital juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia. Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang besar, namun masih perlu meningkatkan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung bisnis dan peluang kerja yang lebih banyak.

Dalam upaya meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia, pemerintah dan pelaku ekonomi harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kondusif, meningkatkan kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia, serta memperkuat sektor manufaktur dan industri. Dalam jangka panjang, hal ini akan membantu meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global dan mengurangi ketergantungan pada ekspor komoditas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image