Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amanda Dwi Rahmawati

Apa Saja Sih Peminatan yang Ada di Fisika Murni?

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 10 May 2023, 22:23 WIB
Pendidikan. Sumber Ilustrasi: smadwiwarna.sch.id

Fisika murni menjelaskan mengenai semua tentang alam, fenomena alam, dan pemahaman manusia tentang semua hubungan. Karakteristik fisika murni yaitu pemahaman hukum fisika, pemahaman cara kerja dunia, studi tentang alam semesta, dan pemahaman mengenai apa yang membuat alam semesta dan bagaimana alam semesta beroperasi. Mulai dari menelusuri dasar-dasar hukum alam partikel submikroskopis yang membentuk materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu satuan kosmos. Selain itu, juga bakal belajar fisika secara fundamental dan modern seperti, dinamika, gaya elektromagnetik, mekanika kuantum, termodinamika, dan sebagainya.

Kita juga dapat memiliki pengetahuan dan keahlian seperti: kemampuan riset, kemampuan berpikir rasional, kemampuan problem solving, kemampuan untuk lebih detail, teliti, tekun, kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir struktur, dan juga kemampuan untuk memahami hal-hal yang berkaitan tentang perhitungan matematika. Untuk peminatan dari fisika murni yaitu fisika teori, fisika fotonik, fisika komputasi, fisika instrumental, fisika material, dan fisika medis.

Salah satu peminatan yang ada di fisika murni yaitu fisika teori yang akan mempelajari setiap fenomena dalam skala atomikdan molekuler serta hukum fundamental di alam. Secara spesifik tertarik pada penerapan teori medan kuantum pada fisika partikel dan isu aktual terkait. Selain fisika teori, fisika mempunyai peminatan juga yaitu fotonik yang akan difokuskan pada pengembangan bahan optic dan fotonik non linier, gelombang berbasis sistem periodik optik, sumber cahaya untuk aplikasi teknologi informasi dan telekomunikasi serta sensor optik dan juga mempelajari berbagai jenis serat optik, terapi fotodinamik, dan spektroskopi laser.

Untuk peminatan selanjutnya yaitu fisika komputasi merupakan bidang yang mengkaji masalah fisika berdasarkan hasil tinjauan komputasi numerikyang berkonsentrasi pada system informasi dan pemrograman computer terkait penerapan ilmu fisika dalam teknologi. Dengan komputasi, ilmu fisika yang abstrak dapat diilustrasikan dalam animasi computer atau diterjemahkan dalam bahasa computer sehingga mudah dipahami. Komputasi dapat digunakan untuk membuat system pengawas dan pengendali jarak jauh sehingga bermanfaat dalam bidang kebumian untuk mengetahui kondisi yang terjadi tanpa harus berada ditempat.

Selain itu, juga ada fisika instrumentasi adalah bidang peminatan yang mempelajari tentang dasar-dasar elektronika seperti merangkai komponen alat-alat elektronik. Instrumentasi berkonsentrasi pada ilmu fisika yang berkaitan dengan listrik. Dasar-dasar yang harus dikuasai pada bidang instrumentasi adalah gerbang logika, rangkaian penguat, mikrokontroler, dan rangkaian RLC. Peminatan instrumentasi akan mempelajari tentang rangkaian listrik dan aplikasinya pada bidang elektronika yang terus berkembang dan juga mempelajari tentang alat-alat instrumentasi dan elektronika serta melakukan analisa, duplikasi, modifikasi, serta pengembangan alat-alat yang dapat menunjang fisika secara keilmuan maupun industri.

Untuk peminatan yang lainnya yaitu fisika material adalah bidang peminatan yang mempelajari karakteristik suatu materi seperti komposisi dan kandungan bahan yang digunakan dalam pembuatan komponen elektronika. Dalam material, juga dipelajari sifat-sifat material di alam dan pemanfaatannya. Aplikasi ilmu fisika dan material dapat digunakan untuk menemukan fungsi dan gabungan material baru sesuai kebutuhan seperti besi yang memiliki konduktivitas yang berbeda dimanfaatkan untuk kebutuhan yang berbedaa, menciptakan formula cat yang tahan terhadap cuaca, kelembaban, dan kondisi. Pada intinya yang akan dipelajari tentang sintesis karakterisasi dan analisis bahan impian untuk jaringan lunak, terutama sifat fisik, mekanik, kimia, dan biologinya. Jika akan menempuh peminatan ini maka akan memperoleh pengetahuan dasar tentang material sehingga dapat digunakan dalam bidang industri.

Peminatan fisika yang terakhir yaitu fisika medis adalah cabang terapan ilmu Fisika yang menggunakan prinsip, metode dan filosofi fisika dalam praktik dan penelitian untuk pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Fisika medis selanjutnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa sub-bidang (spesialisasi), yakni fisika radioterapi, fisika radiologi diagnostik dan intervensional, dan fisika imajing kedokteran nuklir.

Bidang-bidang ini juga terkait erat dengan bidang ilmu lainnya seperti biofisika, teknik biomedika dan fisika kesehatan. Cakupannya antara lain adalah diagnostik radiologi, yaitu penggunaan radiasi untuk mendiagnosa penyakit pada pasien melalui yang kita kenal dengan X-Ray/Rontgen/CT-Scan, Ultrasonography (USG); dan Terapi Radiasi, yaitu penggunaan radioaktif sebagai metode terapi kanker. Peminatan ini akan mempelajari tentang penelitian penerapan fisika untuk mempelajari sistem biologis yang mencakup semua skala biologi organisasi, dari molekul hingga organisme dan populasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image