Penting! Berikut 10 Cara Meningkatkan Repeat Order dengan Mudah untuk Bisnis di Industri Retail
Bisnis | 2023-05-10 10:08:48Untuk anda yang memiliki bisnis di industri retail, anda tentu ingin terus meningkatkan penjualan kamu dari waktu ke waktu. Apalagi pada industri retail persaingan penjualannya sangat tinggi karena barang yang dijual cenderung sama satu sama lain, hanya pelayanannya yang berbeda. Jadi untuk mewujudkan ini, anda tidak bisa hanya berfokus untuk menambahkan jumlah pembelian. Tetapi anda juga harus perlu memastikan bahwa kamu menghasilkan repeat order dari pelanggan kamu saat ini.
Untuk itu anda tidak boleh langsung puas jika anda mendapat pesanan pertama atau kedua dari pembeli yang sama. Anda harus buat mereka mau berbelanja lagi ke tempat kamu dengan sepuluh cara berikut ini.
1. Berikan Pelanggan Insentif dalam Bentuk Poin
Pertama program poin sejauh ini memang merupakan jenis program loyalitas pelanggan yang paling populer digunakan oleh bisnis ritel untuk meningkatkan repeat order mereka. Biasanya pelanggan mendapatkan poin tambahan setiap kali mereka melakukan pembelian, memberikan ulasan produk, atau kadang berbagi info mengenai produk di media sosial.
Jadi poin ini nantinya dapat ditukar dengan berbagai hadiah atau bisa diskonan menarik yang bisa disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.
2. Tingkatkan Basis Pelanggan melalui Program Referral
Lalu ada juga program referral tidak hanya membantu kamu menambah pelanggan baru, akan tetapi juga membuat pelanggan kamu yang sekarang akan menjadi semakin setia pada bisnis kamu.
Kamu dapat memberikan diskon untuk mereka yang telah menggunakan kode referral dan insentif untuk mereka yang berhasil mengajak orang lain agar mau berbelanja di tokok kamu.
Dan pastikan jika keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan baru kamu sama menariknya dengan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan kamu saat ini.
3. Miliki Program VIP untuk Menyenangkan Pelanggan
Salah satu program yang memiliki efektivitas yang tinggi adalah program VIP. Yaitu pelanggan akan senang apabila mereka memiliki status yang lebih tinggi daripada pelanggan yang lainnya. Maka status VIP ini akan membuat mereka merasa special.
Kamu juga bisa memberikan VIP ini kepada pelanggan dengan pengeluaran terbanyak. Nah, berikan keistimewaan untuk mereka seperti undangan ke acara khusus, akses yang cepat ke produk-produk baru kamu, dan bisa juga jenis sales yang dapat mereka pilih sendiri.
4. Berikan Diskon untuk Loyal Customers
Selanjutnya jika memberikan diskon, juga akan selalu berhasil dalam meningkatkan penjualan berulang. Kamu mungkin akan khawatir jika diskon akan mengurangi keuntungan kamu. Akan tetapi dengan strategi yang benar, akan justru diskon membantu meningkatkan pendapatan kamu.
Kamu juga bisa menerapkan diskon khusus untuk pelanggan yang terdaftar sebagai member di tokok kamu. Kamu bisa menyesuaikan diskon berdasarkan poin, dengan tingkat keanggotaan, atau uang yang berbelanjakan oleh pelanggan kamu.
5. Tingkatkan Repeat Order Melalui Retargeting
Kamu tentu ingin supaya pembeli berbelanja lagi di toko kamu lagi dan lagi. Untuk itu, salah satu cara yang paling efektif untuk memenangkan pelanggan setelah pembelian pertama adalah dengan menargetkan mereka kembali.
Dan ingatkan pelanggan kamu untuk membeli produk kamu lai melalui email, iklan di media social, pencarian, dan tampilan gambar. Cek transaksi yang belum tuntas dan ingatkan pelanggan Anda mengenai keranjang belanjaannya yang tertinggal melalui cara yang sama.
Untuk memudahkan kamu menggunakan email retargeting, pertimbangkan untuk menggunakan sistem otomatisasi pemasaran. Sistem ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan email kamu, mendesain marketing campaign kamu.
Membuat trigger untuk mengirim pesan secara otomatis kepada subscriber atau pengunjung situs web kamu, dan masih banyak lagi.
6. Manfaatkan Personalised Marketing & User Generated Content (UGC)
Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan repeat order adalah dengan mengirim penawaran melalui email kepada pelanggan berdasarkan riwayat pembelian mereka yang sebelumnya dan mengingatkan mereka tentang barang tambahan yang mungkin mereka perlukan dengan barang yang mereka beli.
Misalnya, Anda ingin menawarkan kabel HDMI kepada pelanggan yang sebelumnya membeli pemutar DVD, maka kira-kira pesannya seperti ini, “Terima kasih telah membeli pemutar DVD dari kami, apakah Anda membutuhkan kabel HDMI juga?”
Adapun UGC yang juga anda manfaatkan secara bersamaan adalah konten yang berasal dari pengguna atau pelanggan. Pelanggan yang dimintai feedback nya akan merasa dihargai oleh Anda.
Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk memberikan komentar mengenai produk dan pengalaman mereka dengan brand Anda di situs web Anda. Anda juga bisa meminta mereka untuk memposting foto dan pengalaman mereka menggunakan produk Anda di Instagram. Sehingga ini juga akan meningkatkan personalisasi dari marketing yang ada.
7. Utamakan Kualitas Produk
Jadi kualitas produk ini merupakan salah satu syarat utama untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Dan juga dengan produk yang berkualitas, kamu tidak perlu lagi menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak konsumen. Karena saat satu konsumen puas dengan kualitas produk tersebut, dia akan mempromosikannya dengan orang lain.
Untuk itu, jangan matikan inovasi dalam pembuatan produk. Tetapi tetaplah mencari fitur apa yang bisa kamu terapkan dalam produk yang dapat meningkatkan fungsi dan ketangguhan produk kamu. Melihat kekuatan pesaing adalah cara yang paling mudah, pelajari dan terapkan kelebihannya dalam produk yang kita miliki.
8. Berikan Layanan Terbaik Kepada Semua Konsumen
Pada dasarnya semua konsumen itu adalah sama, meskipun mungkin ada customer VIP. Namun sebagai penjual anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen seberapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik.
Apabila mereka dikecewakan maka mereka cenderung tidak segan untuk menjelekkan bisnis anda didepan banyak orang, apalagi karena kemajuan teknologi social media saat ini. Karena salah satu indikator dari tingkat kepuasan konsumen adalah ‘repeat order’, anda perlu membuat kondisi dimana mereka ingin melakukan repeat order sehingga bisnis menjadi lebih sustain.
Apabila konsumen puas saat membeli produk kamu untuk pertama kali. Maka mereka akan datang lagi untuk membelinya dengan jumlah yang lebih besar dari pesanan pertama. Jika ingin memberikan kenyamanan pada pelanggan bisa diaplikasikan dengan menyediakan dukungan support.
Dalam bentuk seperti, Live Chatting, email dan Telepon atau bahkan bisa lebih ditingkatkan dalam melayani dan mengejar kepuasan pelanggan.
9. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan
Jika dalam suatu perusahaan memiliki Sumber daya manusia adalah hal yang menjadi sangat penting yang harus diperhatikan.
Kamu bisa mengembangkan SDM yang kamu miliki sebagai cara meningkatkan penjualan produk kamu. SDM yang dimaksudkan disini adalah kamu sebagai pemimpin atau karyawan yang membawahi divisi harus selalu saling memberikan dukungan dan pengarahan yang tepat.
Dalam pemasaran produk yang akan dipasarkan serta memiliki rasa antusias yang tinggi terhadap produk dan dan bisnis tersebut. Jika kamu antusias, maka mereka pun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.
10. Menggunakan Software Bantuan untuk Meningkatkan Efektivitas
Tips terakhir yang tidak dapat diremehkan adalah menggunakan software bantuan untuk meningkatkan efektivitas bisnis. Salah satu software yang dapat digunakan adalah software ERP. Hal ini dikarenakan dengan software ERP anda dapat menganalisa proses kinerja bisnis anda dari awal hingga barang sampai ditangan konsumen. Tidak hanya itu, dengan data yang terintegrasi seluruhnya, anda dapat melakukan analisa kinerja karyawan hingga efektivitas proses operasional pada produk seperti produksi ataupun pengiriman. Dengan begitu, tingkat kesalahan akan semakin rendah dan kepuasan pelanggan tentu akan meningkat. Dan seluruh hal tersebut dapat anda peroleh pada software ERP terbaik di Indonesia yakni Ukirama ERP.
Itulah beberapa tips terkait cara untuk meningkatkan repeat order khususnya pada bisnis retail anda. Semoga artikel yang saya sampaikan dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas bisnis anda Selamat Mencoba !!!
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.