Pentingkah Belajar Manajemen?
Bisnis | 2024-12-04 10:00:18Eits.. jangan salah ya, di setiap sudut kehidupan kita pasti membutuhkan yang namanya manajemen, karena ini sangat penting. Hal sederhana saja misalnya, disaat kita besok pagi ada acara, maka kita harus memanajemen waktu kita untuk persiapan, perjalanan, bahkan kalau yang dituju merupakan tempat yang baru, kita juga harus menghitung waktu yang diperlukan untuk mencari alamat. Jangan menormalisasi budaya orang Indonesia ya.. (budaya ngareeeeettttt mulu). Tidak hanya di kehidupan sehari-hari, bahkan dalam mencari rezeki pun manajemen sangat menguntungkan kita. Gimana tuh maksudnya bang? Mungkin beberapa dari kalian bertanya- tanya, jadi.. yuk langsung kita bahas saja.
Manajemen dalam dunia pekerjaan
Di dunia pekerjaan terutama jika kamu adalah seorang wirausahawan, maka manajemen merupakan skill wajib yang harus kamu kuasai loh. Di dunia bisnis, ada beberapa komponen mengenai manajemen. Ada manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan penjualan, manajemen operasional, dan manajemen strategis. Kelima komponen ini sebisa mungkin harus dikuasai agar bisa menopang bisnis yang kamu jalankan loh. Kamu penasaran apa saja itu? Yuk mari kita ulik tuntas.
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Komponen ini berfokus pada pengelolaan tenaga kerja, yang merupakan aset terpenting dalam suatu organisasi. Hal ini mencakup proses perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan evaluasi kinerja. Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk memastikan bahwa organisasi memiliki tim yang berkualitas, termotivasi, dan produktif. Dan ingat, buatlah para tenaga kerja betah di perusahaanmu ya!
2. Manajemen Keuangan
Aspek penting ini menangani pengaturan aliran keuangan dalam organisasi. Manajemen keuangan meliputi perencanaan anggaran, pengelolaan arus kas, analisis investasi, dan pengelolaan risiko. Komponen ini bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi memiliki sumber daya finansial yang cukup untuk menjalankan operasi dan mendukung pertumbuhannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko bankrut.
3. Manajemen Operasional
Fokusnya adalah pada proses produksi dan kegiatan operasional sehari-hari dalam organisasi. Ini termasuk pengelolaan rantai pasokan, pengendalian kualitas, dan optimalisasi proses. Manajemen operasional bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembuatan produk atau penyediaan layanan. Di komponen ini kita berfikir bagaimana caranya mengeluarkan biaya sekecil mungkin dengan harang/jasa kualitas terbaik tanpa menyalahi etika bisnis.
4. Manajemen Pemasaran dan Penjualan
Komponen ini terkait dengan strategi untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Hal ini mencakup riset pasar, pengembangan produk, promosi, dan distribusi. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan. Bisa dibilang ini komponen yang terpenting, karena bisnis tidak akan bias berjalan kalau barang/jasa yang dimiliki perusahaan tidak terjual ya kan?
5. Manajemen Strategis
Ini mencakup penyusunan dan pelaksanaan rencana serta kebijakan jangka panjang organisasi. Manajemen strategis memastikan bahwa organisasi beroperasi sesuai dengan visi dan misinya, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan eksternal.
Kesimpulan
Ternyata oh temyata ya guys kalian dengan menguasai skill simple yang dijuluki "manajemen" ini, kalian segala sesuatunya bisa berjalan sesuai yang kalian inginkan. Tak hanya seorang wirausahawan, kamu juga bisa menjadi manager di sebuah perusahaan yang tentunya prospek kerja yang tak terbatas, karena di semua bidang pekerjaan yang namanya manajemen itu diperlukan yagesya. Mulailah membiasakan diri dengan memanajemen hal-hal simple yang terdekat dengan kalian, seperti gimana caranya sih ngadepin orang itu yang ngeselin banget? Itu kalian perlu belajar ya ges, karena di dunia kerja yang keras ini, skill komunikasi juga penting. Ini merupakan salah satu bentuk dari manajemen sumber daya manusia yagesya.
Bahkan seperti yang sudah dimention di awal tadi soal manajemen waktu, harus kalian betul-betul pelajari. Dengan manajemen waktu, kita bisa multitasking dengan banyaknya tugas-tugas maupun pekerjaan yang berjalan bersamaan. Tapi ingat satu hal nihhh, jaga kesehatan ya kawannn, jangan terlalu banyak kerja ataupun nugas, ntar kalian sakit malah rugi dong.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.