Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thania Aisyah Shabirah Ayu

Seperti Apa Dunia Kerja Setelah Pandemi Covid-19?

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 09 May 2023, 20:24 WIB
Sumber: https://samahitawirotama.com/tren-bekerja-jarak-jauh/

Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan terhadap cara bekerja tiap orang untuk beradaptasi dengan adanya jarak jauh dengan cepat. Transisi ini menyoroti perlunya fleksibilitas individu dan peluncuran teknologi baru. Berbeda dengan keadaan sebelum pandemi Covid-19 melanda, dunia kerja secara umum dianggap lebih stabil dan terstruktur karena adanya kepastian tentang waktu kerja, tempat kerja, dan jadwal cuti.

Sebelum pandemi, kerja secara fleksibel atau bekerja dari rumah masih dianggap sebagai keuntungan yang tidak umum dan hanya diberikan pada beberapa pekerja atau perusahaan saja. Kebanyakan orang masih harus bekerja di kantor atau lokasi kerja fisik. Namun, semenjak pandemi Covid-19, pekerjaan jarak jauh yang dulunya merupakan keuntungan opsional atau tidak umum telah menjadi aturan bagi banyak industri. Jelas bahwa kerja jarak jauh kemungkinan akan tetap menjadi bagian dari lingkungan kerja setelah Covid-19 sehingga perusahaan perlu terus berinvestasi dalam transformasi teknologi digital untuk memastikan karyawan memiliki alat dan sumber daya yang diperlukan untuk bekerja secara efektif.

Percepatan dalam berinvestasi teknologi guna penunjang aktivitas karyawan besar kemungkinan menjadi penyebab atas pergeseran jenis pekerjaan. Penting untuk dicatat bahwa dengan adanya transformasi tersebut tidak serta merta menyebabkan hilangnya pekerjaan, melainkan pergeseran jenis pekerjaan yang tersedia. Dengan demikian, sangat penting bagi individu untuk terus mengembangkan keterampilan baru dan tetap beradaptasi dengan segala kondisi pekerjaan.

Pandemi telah menunjukkan bahwa banyak pekerja yang dapat bekerja dari rumah sama produktifnya dengan bekerja di kantor. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pekerja yang telah menikmati fleksibilitas yang diberikan oleh pekerjaan dalam jarak jauh. Akibatnya, kemungkinan besar pekerjaan jarak jauh akan terus menjadi pilihan yang layak bagi banyak karyawan bahkan setelah pandemi berakhir. Nantinya pekerjaan setelah pandemi Covid-19 akan melibatkan perpaduan antara pekerjaan jarak jauh dan tatap muka. Secara keseluruhan, pekerjaan setelah pandemi Covid-19 akan ditandai dengan penekanan keseimbangan kehidupan kerja yang jauh lebih besar dengan mengandalkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi. Ada banyak perubahan dan tantangan setelah pandemi Covid-19 yang harus diatasi, tetapi juga ada peluang baru yang muncul dengan peluncuran teknologi dan kerja fleksibel yang lebih luas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image