Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maylaniy W - Universitas Amikom Purwokerto

Ngopi Aman Walau Asam Lambung

Gaya Hidup | Tuesday, 09 May 2023, 09:34 WIB
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/386605949273669985/

Secangkir kopi di pagi hari sepertinya wajib hukumnya bagi sebagian orang sebelum beraktivitas. Pagi hari belum terasa lengkap tanpa secangkir kopi. Kopi dianggap sebagai minuman yang dapat mencegah kantuk karena memiliki kandungan kafein. Kafein dalam kopi diyakini bisa menambah energi dan meningkatkan fokus atau mungkin rasanya mata akan terasa lebih melek setelah minum kopi. Sekarang ini, manfaat kopi sebagai penghilang kantuk berubah menjadi gaya hidup. Lantas bagaimana dengan penderita asam lambung yang kata orang harus menghindari kopi?

Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Hal ini terjadi karena adanya kenaikan asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan, yang merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Banyak orang yang beranggapan bahwa meminum kopi menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung karena kopi memiliki tingkat keasaman (pH). Sehingga meminum kopi bagi penderita asam lambung sangat dihindari. Namun penderita asam lambung juga manusia yang terkadang memiliki hasrat atau keinginan untuk meminum kopi, apalagi ketika mereka sedang nongki-nongki cantik rasanya sulit untuk menghindari minuman berkafein.

Banyak jalan menuju Roma. Sepertinya pepatah itu berlaku juga bagi penderita asam lambung, banyak cara agar mereka bisa meminum kopi. Saat ini banyak alternatif bagi penderita asam lambung untuk tetap bisa mengopi. Ahli nutrisi Monica Reinagel dalam Scientific American, menyarankan kepada penderita asam lambung untuk meminum kopi yang kopinya dipanggang hingga hitam atau dark roast. Kopi yang dibakar dalam waktu lama dapat meningkatkan kandungan N-methylpyridinium (NMP) sekaligus menurunkan asam klorogenik.

Teknik penyeduhan secara cold brew juga bisa dijadikan sebagai jalan ninja. Teknik cold brew bisa mengekstrak asam klorogenik menjadi lebih sedikit. Rata- rata kopi coldbrew memiliki kadar pH sebesar 6,31, sedangkan kopi biasa rata-rata memiliki kadar pH sebesar 4,5 – 5. Semakin rendah angka pH-nya, semakin asam sifat zat tersebut. Solusi lain yang bisa dilakukan adalah menambahkan susu dalam kopi. Susu dipercaya mampu mengikat asam klorogenik. Contoh kopi yang ditambah susu adalah kopi jenis latte. Kopi latte terbuat dari biji kopi yang dipanggang lama (very dark roast) dan disajikan dengan susu. Meskipun cara-cara tersebut bisa dibilang aman bagi penderita asam lambung, meminum kopi tetap harus dibatasi dan tetap pada takaran yang normal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image