Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Anies Baswedan Tawarkan Perubahan Apa?

Politik | Monday, 08 May 2023, 09:57 WIB
Kolase Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (Foto Kompas)

Bakal calon presiden (Bacapres) yang akan meramaikan suksesi pergantian Presiden RI selanjutnya periode 2024-2029 mulai "jualan" tipis-tipis di tengah-tengah masyarakat calon pemilih.

Tidak hanya bacapres Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP yang kerap membangun pencitraan di media sosial, begitu juga Anies Baswedan yang muncul dengan gagasan besar perubahan sebagai produk yang ditawarkan kepada rakyat Indonesia.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah perubahan yang seperti apa yang bakal dilakukan oleh Anies Baswedan jika dirinya terpilih menjadi presiden nantinya?

Menilik Anies Baswedan dalam kontestasi politik Indonesia ternyata ia bukanlah orang sembarangan. Meskipun ia jarang menjual nama besar kakeknya yang rupanya seorang ulama dan pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa revolusi.

Abdurrahman Baswedan merupakan kakek Anies Baswedan yang tercatat sebagai salah seorang Pahlawan Nasional. Menurut catatan sejarah Abdurrahman Baswedan pernah berperan penting di dalam keanggotaan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Sejarawan menuliskan banyak jasa dan pengorbanan Abdurrahman Baswedan terhadap republik ini dalam upaya melepaskan diri dari belenggu penjajahan Belanda dan Jepang saat itu. Hingga dipercayakan untuk menjalankan misi diplomatik ke negara-negara Arab dan Timur Tengah agar mendapatkan pengakuan kemerdekaan baik secara defacto maupun dejure.

Diam-diam ternyata Anies Baswedan memiliki darah pejuang kemerdekaan didalam dirinya. Ia terlahir dari keluarga yang menginginkan negara republik ini berdiri dan dengan para pejuang lainnya untuk merebut kemerdekaan dan mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Dengan demikian tidak diragukan jiwa nasionalisme Anies Baswedan untuk NKRI. Meskipun ia bukanlah orang yang suka mengungkit-ungkit jasa kakeknya itu sebagai komoditas politik.

Lantas bagaimana Anies Baswedan melakukan perubahan?

Berkaca pada semangat juang yang tertancap dalam jiwa nasionalisme yang diwarisi oleh sang kakek. Tawaran perubahan yang diusung Anies bukanlah pepesan kosong belaka. Karena ia cermat memperhatikan setiap situasi dan kondisi yang terjadi di negeri ini dari masa ke masa.

Dalam pandangan Anies Baswedan siapapun yang akan negeri ini perlu meluruskan jalan dan menghadirkan keadilan. Saat ini kondisi bangsa tidak sedang baik-baik saja. Indonesia butuh pertolongan untuk mencapai cita-cita dan tujuan kemerdekaan nya.

Meluruskan jalan dan menghadirkan keadilan adalah dua perubahan besar yang perlu dilakukan untuk mengembalikan Indonesia pada posisi yang sebenarnya. Sebab yang paling penting bagi rakyat adalah bagaimana keadilan itu dapat dinikmati sebagai sebuah hak dasar.

Keadilan yang dimaksud tentu saja tidak terbatas pada aspek hukum tetapi juga sosial ekonomi, hak asasi manusia, keadilan dalam berpolitik, hingga akses pendidikan dan kesehatan.

Sebagai akademisi dan mantan aktivis, kepasitas Anies Baswedan dalam melihat persoalan bangsa jelas bukan tanpa dasar. Ia memiliki konsep berpikir yang baik dan mampu mengamati berbagai peristiwa penderitaan rakyat yang seharusnya tidak boleh terjadi di negeri yang sudah mencapai kemerdekaan.

Intinya Indonesia perlu dikembalikan jalannya pada konstitusi dan kearah yang sesuai dengan tujuan negara berdasarkan Pancasila yaitu menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum dan keadilan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.

Saya rasa Anies Baswedan dengan pengalaman dan ilmu yang dimilikinya ia mampu mewujudkan yang ditawarkannya. Pun demikian ia takkan mampu berbuat apa jika rakyat Indonesia tidak mendukungnya. Sebab perubahan itu harus dilakukan oleh setiap orang secara bersamaan.

Semoga Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo jika salah satu dari keduanya terpilih sebagai Presiden RI dapat menempatkan dirinya sebagai the rill presiden bukan sekedar petugas partai apalagi menjadi boneka para pemodal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image