Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tri Arsanda Betrisiya

Pentingnya Basic Skincare dan Urutannya bagi Pemula

Eduaksi | Monday, 08 May 2023, 08:24 WIB

Kebanyakan orang menginginkan kulit yang sehat,bersih dan lembab alami, termasuk remaja. Oleh karena itu sangat penting menjaga kesehatan kulit sejak dini supaya mencegah penuaan dan kulit tetap terawat sampai tua.

Di Indonesia banyak sekali macam produk skincare yang sudah diperjual belikan baik toko offline maupun online yang terkadang membuat remaja atau pemula bingung memulai dari mana, bagi pemula telah di sarankan untuk menggunakan basic skincare sebelum skincare yang lain.Basic skincare adalah kegiatan perawatan kulit wajah dengan menggunakan urutan produk skincare paling mendasar yang wajib memperhatikan fungsi dari masing-masing produk perawatannya.

Dalam proses merawat kulit basic skincare ini yang wajib dan tidak boleh dilewatkan. Biasanya orang-orang yang baru menyadari untuk melakukan perawatan dan bisa mengawalinya terlebih dahulu merutinkan basic skincare ini. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, mengungkapkan bahwa dalam merawat kulit yang tepat dianggap sebagai komponen yang penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dari permasalahan kulit seperti bruntusan,milia, dan jerawat.

Oleh karena itu, sebelum melanjutkan ke skincare yang lebih jauh dengan berbagai macam, yang pertama temukanlah basic skincare yang tepat dan cocok untuk kulit kamu. Hal ini memang tidak begitu mudah, terutama bagi pemula yang mempunyai permasalahan kulit sensitif dan berjerawat.Sebelum membeli produk basic skincare, terlebih dahulu mengetahui jenis kulit apabila belum bisa menentukan bisa menggunakan produk yang bisa di gunakan semua jenis kulit yang biasa tertulis di produk All skin types dan research memastikan apakah produk yang akan di beli sudah aman(BPOM).

Basic skincare untuk pemula adalah facial wash,pelembab, dan sunscreen. Ini cukup membuat kulit sehat,bersih dan lembab alami bagi pemula.Urutan basic skincare dan fungsinya:

1. Facial wash (sabun cuci muka) adalah produk basic skincare yang tidak boleh di lewatkan untuk menyerap produk selanjutnya dengan maksimal, berfungsi untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, mengurangi resiko munculnya bruntusan dan jerawat.

2. Pelembab (moisturizer) , ada 2 macam pelembab untuk basic skincare yaitu krim dan gel, tahapan ini perlu dilakukan tidak hanya untuk kulit kering, tapi untuk kulit berminyak pun juga perlu dijaga juga kelembapannya. Selain itu, lapisan pelindung kulit ( skin barrier ) perlu terhidrasi agar dapat berfungsi secara optimal dalam menghalau radikal bebas. Untuk jenis pelembab yang digunakan, Bila kulitmu berminyak, kombinasi, dan berjerawat disarankan menggunakan pelembap bertekstur gel yang mudah meresap ke dalam kulit. Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, bisa menggunakan pelembab bertekstur krim dengan kandungan seperti, Hyaluronic Acid dan Ceramide yang mampu mengunci kelembapan kulit lebih optimal.

3. Sunscreen adalah tahap terakhir yang tidak boleh dilupakan, yaitu melindungi kulitmu dengan sunscreen , karena saat beraktivitas baik di luar maupun di dalam ruangan, kulit dapat terpapar sinar UV A dan UV B. Apabila kulit wajah kamu sering terpapar sinar matahari secara terus menerus tanpa perlindungan, akan mengakibatkan kulit mengalami tanda-tanda penuaan, seperti kusam, keriput, dan sebagainya.

Untuk itu, pastikan mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA++ agar wajah terlindungi secara optimal setiap harinya. sunscreen tidak boleh di pakai di malam hari,karena bisa menyumbat pori-pori sehingga bisa meningkatkan resiko jerawat. Basic skincare di malam hari cukup menggunakan facial wash dan pelembab.

Nah, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kan untuk memulai merawat kulit wajah kamu dengan perawatan dasar dan pentingnya skincare bagi pemula? Kalau perawatan dasar sudah tercukupi dan menginginkan produk yang lain, bisa memulai dengan menambahkan bertahap dalam rangkaian perawatan kulit mu.

Kenapa bertahap? Agar kulit wajah kamu bisa dengan perlahan menerima dan tidak kaget saat kulit kamu merespon kandungan dalam produk. Jika mengalami kemerahan dan menimbulkan efek yang tidak cocok segera berhentikan pemakaian, Kamu bisa cari urutan pemakaian skincare terlebih dahulu agar tidak salah dan pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit. Sehingga kulit jadi bersih maksimal, sehat, dan lembab alami.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image