Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raffly Virgie Rasyadan

Pentingnya Tampilan atau Desain PowerPoint Sebagai Materi Pembelajaran di Kelas

Eduaksi | Friday, 05 May 2023, 22:40 WIB

PowerPoint merupakan perangkat lunak yang dapat membantu anda menyajikan informasi secara efektif dan menarik pada sebuah presentasi yang berisi teks, gambar, tabel, maupun animasi. Pada dunia pendidikan, PowerPoint merupakan sebuah alat bantu dalam pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan PowerPoint maka anda akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan dan memudahkan anda untuk melakukan presentasi tugas yang telah diberikan. Pada artikel ini kita akan membahas apakah sebuah tampilan PowerPoint dapat membantu proses pembelajaran di kelas?.

 

  • Mempermudah memahami materi

PowerPoint yang menarik dapat mempermudah pendengar dalam memahami isi materi yang sedang dijelaskan. Dengan meletakkan gambar dan ilustrasi materi maka pendengar akan lebih tahu bayangan dari apa yang dijelaskan oleh pemateri. Pemilihan font dan ukuran font dapat membuat pendengar lebih mudah membaca materi yang terdapat dalam PowerPoint.

 

  • Meningkatkan daya tarik

Presentasi yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan daya tarik dari pendengar. Visual dari PowerPoint dan pemilihan warna yang tepat juga dapat menarik perhatian pendengar untuk selalu fokus pada presentasi.

 

  • Membantu mengingat informasi

Penggunaan gambar dan grafik mengenai data yang berkaitan dengan presentasi dapat membantu pendengar mengingat dan menghafal materi yang sedang dijelaskan. Penggunaan animasi pada PowerPoint yang relevan dengan materi juga membuat pendengar mengingat informasi dengan mudah.

 

  • Meningkatkan kualitas presentasi

PowerPoint dengan tampilan dan desain yang baik juga dapat membuat pendengar merasa pemateri membawakan presentasi dengan profesional, dan tentunya pendengar akan lebih menghargai pemateri dengan apa yang sedang dijelaskan pada PowerPoint.

Pendengar presentasi sering kali merasa bosan dan mengantuk jika sedang mendengarkan presentasi. PowerPoint yang menarik juga membuat presentasi berjalan dengan efektif, dapat mempermudah memahami materi, meningkatkan minat dan daya tarik pendengar, dan meningkatkan kualitas presentasi sebagai pemateri. Oleh karena itu pemateri harus paham akan hal tersebut dan merasa bahwa tampilan dan desain PowerPoint itu sangatlah penting bagi pendengar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image