Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Anti Kantong Kering! 5 Tips Atur Keuangan Pasca Lebaran

Gaya Hidup | Tuesday, 02 May 2023, 16:18 WIB

TANGSEL. – Sudah seminggu lebih pasca lebaran, pastinya sudah banyak Tunjangan Hari Raya (THR) ludes secepat kilat. Tak hanya itu, gaji sebulan pun mungkin sudah banyak dikeluarkan saat lebaran.

Doc: Rifa Al Afgani / PT Rumbaka

Faktanya masih banyak orang yang kesulitan mengatur keuangannya yang mungkin sudah direncanakan jauh-jauh hari. Akibatnya, orang sering mengalami kantong kering setelah lebaran. yuk simak tipsnya agar pengeluaran tak lagi membengkak.

1. Periksa catatan keuangan setelah Ramadan

Coba periksa kembali pengeluaran dana sebelum dan saat lebaran, seperti membayar zakat, tiket mudik, oleh-oleh, masakan selama lebaran, atau liburan. Apakah dana yang digunakan sesuai dengan catatan anggaran yang dikeluarkan. Jika memiliki sisa, maka sebaiknya ditabung. Sebaliknya, adakah tabungan yang terpakai untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran.

2. Jangan sampai memiliki tagihan hutang

Selain memeriksa catatan pengeluaran, sebaiknya jangan membebani diri dengan utang. Segera melunasi hutang sebelum pengeluaran semakin membengkak. Lalu ubah kebiasaan dan hindari gali lubang tutup lubang demi memenuhi nafsu semata.

3. Prioritaskan kebutuhan utama

Meski sudah banyak pengeluaran pasca lebaran, atur lagi cash flow keuangan untuk beberapa bulan ke depan. Pastikan kebutuhan primer sudah diprioritaskan agar bulan selanjutnya tidak berantakan. Buat anggaran kebutuhan sesuai skala prioritas dan sesuaikan dengan dana yang masih tersedia.

4. Batasi pengeluaran harian

Setelah mengetahui rincian keuangan yang tersisa setelah lebaran, coba kurangi budget untuk kebutuhan yang masih bisa ditunda seperti jajan atau nongkrong di cafe, hindari langganan film atau musik yang tidak perlu, atau hal-hal di luar kebutuhan primer. Jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang tidak perlu dan membuat kita kalap berbelanja kebutuhan yang tidak penting.

5. Mencari tambahan pemasukan

Cara ini bisa menjadi solusi paling akhir jika memang kebutuhan harian masih belum juga terpenuhi setelah lebaran. Mencari tambahan penghasilan juga membantu Anda terhindar dari kantong kering, misalnya bisa memanfaatkan momentum setelah ramadan seperti menjadi reseller yang hanya bermodalkan internet dan gadget.

Semoga cara ini dilakukan untuk menstabilkan kembali keuangan Anda pasca lebaran. Jadi, jangan lupa sisihkan sebagian gaji setiap bulannya untuk menabung ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image