Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Refleksi Hardiknas, Merdeka Belajar Harus Didukung

Agama | Tuesday, 02 May 2023, 14:07 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Sumber foto: IG Kemdikbud)

Selamat Hari Pendidikan Nasional (hardiknas) 2023. Pada peringatan tahun ini hardiknas mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak masyarakat untuk merayakan berbagai capaian transformasi pendidikan dengan syukur dan semarak atas kerja keras dan kerja sama semua pihak.

Harapan ini sungguh mulia. Merdeka belajar yang memasuki 24 episode ini memang harus kita dukung. Ada banyak keunggulan merdeka belajar yang diyakini mengubah pendidikan Indonesia.

Merdeka belajar memberikan keleluasaan bagi sekolah menentukan kurikulum untuk satuan pendidikannya. Merdeka belajar memberikan keleluasaan pada murid hingga capaian pembelajaran sesuai karakteristik murid. Meskipun ada beberapa pihak yang mengkritisi kurikulum ini, ada banyak keunggulan yang belum dipahami secara utuh.

Sebuah kebijakan akan sukses dengan dukungan banyak pihak, tak bisa hanya pemerintah saja. Maka Mas Menteri mengajak masyarakat untuk merefleksi kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi dan setiap langkah berani yang sudah diambil.

Masyarakat harus mendukung implementasi kurikulum merdeka ini dengan semampunya. Bisa dengan ikut terlibat sebagai narasumber projects penguatan profil pelajar Pancasila (P5), misalnya. Kepedulian masyarakat akan menyukseskan kebijakan pemerintah. Sebaiknya, masyarakat yang sudah tidak mendukung akan membuat kebijakan terhambat atau jalan di tempat.

Merdeka belajar harus kita dukung. Agar tahu seperti apa merdeka belajar, harus dapat pengalaman yang nyata dari muridnya. Bukan sekadar katanya atau katanya saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image