Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image intanrl

Mengenal Profesi Data Scientist sebagai Pekerjaan yang Sangat Diminati dan Bergaji Besar

Teknologi | Sunday, 30 Apr 2023, 22:33 WIB

Data adalah sesuatu yang penting dan akan bertahan lama dibandingkan suatu sistem. Oleh karena itu, kebutuhan seorang data scientist juga meningkat sejak tahun 2020. Menurut IBM, kebutuhan yang awalnya hanya sekitar 364.000, pada awal tahun 2020 naik hingga 2.720.000. Data Scientist sendiri adalah seseorang yang harus mempunyai kemampuan dalam menganalisis dan memodelkan data pada permasalahan tertentu sesuai teknik dan metodenya. Data scentist juga perlu memastikan keseluruhan tujuan analisis telah tercapai.

Menjadi data scientist sendiri merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena harus dituntut untuk mengerjakan pekerjaan dengan beberapa fase. Fase pertama adalah mempelajari masalah yang akan diselesaikan seperti menentukan hipotesis dan memahami data. Fase kedua adalah pengambilan dan transformasi data yang dilanjut dengan fase ketiga untuk penentuan model, teknik, dan kerangka kerja yang akan digunakan. Pada fase ini, data scientist harus mengathui hubungan antar variabel dan menentukan model kerja yang sesuai.

Fase keempat adalah membangun dataset lalu fase selanjutnya adalah penentuan pengambilan keputusan yang didiskusikan dengan tim. Fase terakhir adalah penyampaian laporan akhir, skrip kode, dan dokumen teknis serta menjalankan pilot project untuk mengimplentasikan model kerja.

Sebagai peringkat 3 dalam 50 Best Jobs In America for 2022 menurut glassdoor dengan rata-rata gaji di Indonesia adalah Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per-bulan untuk junior, tentunya data scientist memiliki beberapa kualifikasi sulit. Seorang data scientist sendiri harus ahli dalam menggunakan beberapa tools, seperti RStudio, Python, Excel, MiniTab, dan masih banyak lagi. Data scientist juga diharapkan bisa menguasai skils matematika, programmer, dan juga komunikasi yang baik.

Kebutuhan seorang data scientist saat ini sangatlah dibutuhkan di setiap perusahaan. Data scientist juga bisa bergerak dalam bidang manufaktur, bank, Kesehatan, transportasi, dan keuangan. Menurut laporan situs web Dice tahun 2020, data scientist adalah salah satu profesi di bidang teknologi yang semakin banyak dicari dan mengalami pertumbuhan gaji tercepat. Jadi, jika ingin menjadi seorang data scientist yang handal, Langkah pertama yang biss dilakukan adalah dengan berkuliah di jurusan Teknologi Sains Data yang terdapat di Universitas Airlangga.

Daftar Pustaka : Bruce, P. and Bruce, A. 2017. Practical Statistics for Data Scientists. O’Reilly Media, Inc. United States of America

Penulis : Intan Nurul L – Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image