Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wahyu Eka Septa Heryani

Tingkat Kemiskinan di Indonesia dan Dampaknya Terhadap Ekonomi, Lingkungan, dan Kebijakan Sosial

Politik | Thursday, 27 Apr 2023, 12:07 WIB

Kemiskinan merupakan fenomena sosial yang dihadapi oleh negara-negara berkembang. Indonesia yang merupakan negara berkembang terus berupaya untuk menyelesaikan masalah kemiskinan bagi warga negaranya. Salah satu langkah yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan penerbitan kebijakan pemerintah melalui dokumen peraturan perundang-undangan yang mendukung pengentasan kemiskinan yang kemudian dituangkan ke dalam program-program pengentasan kemiskinan.

Kemiskinan muncul karena berbagai macam penyebab, yang pertama kemiskinan muncul akibat perbedaan kualitas sumber daya manusia karena kualitas sumber daya manusia yang rendah berarti produktivitas juga rendah, upahnya pun rendah. Dan yang kedua karena perbedaan akses dan modal. Akibat keterbatasan dan ketertiadaan akses manusia mempunyai keterbatasan (bahkan tidak ada) pilihan untuk mengembangkan hidupnya, kecuali menjalankan dengan terpaksa apa yang saat ini dapat dilakukan.

Kemiskinan pada akhirnya memiliki dampak bagi orang yang menyandangnya, beberapa dampak atau akibat dari kemiskinan. Yang pertama ialah Pengangguran, berhubung pendidikan dan keterampilan merupakan hal yang sulit diraih masyarakat, maka masyarakat sulit untuk berkembang dan mencari pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan. Yang kedua ada kriminalitas, Kesulitan mencari nafkah mengakibatkan orang lupa diri sehingga mencari jalan cepat dengan cara perampokan, pencurian, penipuan, pembegalan. Selanjutnya buruknya generasi penerus jika anak-anak putus sekolah dan bekerja.

Untuk menanggulangi kemiskinan, pemerintah sebaiknya mengeluarkan kebijakan untuk memenuhi penyebab dan dampak dari kemiskinan tersebut yaitu berupa pemenuhan hak penduduk atas sandang dan pangan, memperoleh rumah layak huni, jaminan kesehatan dan pendidikan gratis bagi rakyat miskin. Dengan program-program tersebut sedikit demi sedikit kemiskinan dapat diminimalisir.

Masalah kemiskinan yang ada Indonesia ini adalah fenomena sosial yang signifikan hingga tahun 2023. Hal ini dapat berdampak pada ekonomi masyarakat lingkungan, jumlah penduduk, budaya, dan kebijakan sosial. Oleh karena itu, perlu ada upaya dari pemerintah serta dukungan dari masyarakat untuk meminimalisir permasalahan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image