Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

Cuaca Panas, Ini Dia TIpsnya Agar Tetap Sehat

Gaya Hidup | Thursday, 27 Apr 2023, 07:59 WIB
menjaga kesehatan di saat cuaca panas I Sumber Foto : dokpri

Akhir-akhir ini cuaca panas dan terik melanda banyak wilayah di Indonesia. BMKG baru-baru ini mengindikasikan cuaca panas yang tidak biasa di wilayah Asia tenggara termasuk Indonesia yang dapat mencapai suhu 35 derajat celcius.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberi saran untuk menghadapi situasi ini dengan meminta masyarakat agar lebih waspada, apalagi ketika berada outdoor.

Juru bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril melalui keterangan tertulis, Selasa (25/4/2023 mengingatkan menjaga kesehatan tubuh.

“Memang cuaca panas beberapa hari ini dan ke depan sedang tidak biasa. Untuk itu mari kita ikuti tips agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau sering berada di luar ruangan,” jelasnya

Cuaca panas bisa membuat tubuh mudah lelah, dehidrasi bahkan heat stroke. Ada tips agar tubuh tetap sehat saat cuaca panas melanda menurut Kemenkes RI ;

1. Cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak. Jangan menunggu haus.

2. Hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman air manis.

3. Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung.

4. Memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.

5. Hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas.

6. Sebisa mungkin berteduh diantara jam 11 pagi – 3 siang.

7. Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

8. Gunakan sunscreen minimal 30 fps pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah.

9. Sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

Terdapat beberapa gejala yang patut diwaspadai seperti keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, kulit terlihat pucat, kram pada kaki maupun abdomen, rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat, pusing, mual, muntah, urin yang sedikit dan berwarna kuning pekat.

Bila Anda merasakan gejala tersebut, maka lakukan dengan mendinginkan tubuh dengan kain basah atau spons basah pada leher, pergelangan tangan, dan lipatan tubuh lainnya.

Jangan melupakan untuk banyak minum air. Jika setelah melakukan hal tersebut masih bergejala, ada baiknya segera mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Sumber : Kemenkes RI

Salam Sehat

Promosi Kesehatan RSKO Jakarta

Web I Instagram

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image