Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ZALFA ZAHRANI ADIBA

Tips Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Edukasi | Wednesday, 26 Apr 2023, 20:15 WIB

Oleh : Zalfa Zahrani Adiba

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang Prodi Kebidanan

Momen lebaran merupakan momen yang sangat dinanti nanti oleh kaum muslim diseluruh dunia. Selain mempererat tali silaturahmi antar kerabat dan teman sejawat, lebaran juga merupakan momen hangat untuk menciptakan kedamaian dan kesejahteraan antar keluarga. Biasanya saat lebaran, tentunya makanan berlemak nan lezat menjadi santapan utama. Rendang, opor ayam,dan bakso, merupakan makanan tinggi lemak, namun rasanya sangat lezat. Tak heran jika banyak orang orang yang kalap mengonsumsinya dan tidak memikirkan resiko dari mengonsumsi hidangan lebaran tersebut secara berlebihan.

Teman teman, apakah kalian tau apa saja risiko buruk yang akan terjadi jika kita mengonsumsi hidangan lebaran terlalu banyak?. Jika kita mengonsumsi rendang dan opor ayam secara berlebihan, tentunya tubuh kita akan mengalami peningkatan kolestrol, peningkatan berat badan berlebih, batuk dan radang tenggorokan, sampai hipertensi juga lho!. Hal ini disebabkan karena rendang dan opor ayam mengandung santan yang menjadi sumber lemak jenuh. Tidak hanya rendang dan opor ayam yang menjadi sasaran utama hidangan di hari lebaran, bahkan kue kering juga kita tidak boleh berlebihan dalam memakannya, karena didalam kue kering itu terdapat kadar gula, garam, dan lemak yang tinggi dan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Saat lebaran juga sudah dipastikan akan banyak dihidangkan minuman minuman tinggi gula seperti minuman bersoda, teh, sirup, dan es buah. Tubuh kita memerlukan kadar air sebanyak 2 liter atau sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per harinya. Tentu saja minuman lebaran tidak dianjurkan untuk diminum terlalu banyak karna memiliki dampak negatif salah satu contohnya adalah peningkatan risiko diabetes melitus.

Nah teman teman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan setelah lebaran, dan menjaga berat badan ideal ini merupakan hal penting untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan.

1. Mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari atau setara dengan delapan gelas berukuran 230 ml. Jika saat lebaran kita kurang mengonsumsi air putih karena kalap dengan minuman manis yang menyegarkan, maka setelah lebaran kita harus memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari risiko masalah kesehatan yang fatal, serta kembali memelihara kesehatan ginjal kita dengan minum air putih yang cukup.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat. Kandungan serat dalam makanan bisa kita temui di sayur sayuran, buah buahan, dan biji bijian. Hidangan khas lebaran membuat tubuh kita identik mengalami kenaikan berat badan, sehingga bisa diatasi dengan konsumsi makanan tinggi serat untuk memelihara pencernaan kita. Makanan berserat juga bisa membuat kita lebih cepat kenyang dan mempertahankan rasa kenyang itu menjadi lebih lama lho teman teman!

3. Berolahraga secara rutin. Olahraga membantu untuk mempercepat proses metabolisme dalam tubuh kita, dan membakar kalori dalam tubuh kita sehingga bisa menjaga berat badan kita tetap ideal. Pilihlah jenis olahraga sesuai dengan kemampuan kita.

Dengan demikian, jika tubuh kalian ingin tetap sehat setelah lebaran , lakukan seperti bacaan di atas sehingga tubuh kita bisa kembali dalam keadaan normal ketika melakukan suatu kegiatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image