Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah Ciri Komputer atau Ponsel Terinfeksi Keylogger

Info Terkini | Sunday, 23 Apr 2023, 23:08 WIB
Tanda-tanda ponsel atau komputer Anda terinfeksi keylogger (@Komando/SSDarindo)

Peretas dan scammer adalah ancaman konstan. Namun, keduanya bukan satu-satunya yang harus dicemaskan. Orang-orang di lingkaran sosial Anda (atau bahkan di rumah Anda sendiri) dapat memata-matai Anda dengan meneruskan panggilan dan SMS Anda. Ketuk atau klik di sini untuk memeriksa apakah panggilan Anda disadap dan cara menghentikannya.

Keyloggers adalah program yang diinstal pada perangkat computer untuk merekam penekanan tombol. Majikan menggunakannya untuk memantau aktivitas pekerja selama jam kerja, sementara orang tua juga menggunakan alat ini untuk mengawasi anak-anak mereka.

Songongnya, pelaku kriminal mengadaptasi alat ini, menanamkan keyloggers di komputer dan spyware di ponsel. Mereka dapat membuat layar masuk untuk menangkap nama pengguna dan kata sandi Anda dan memindai aktivitas Anda untuk mencari nomor kartu kredit.

Mengutip dari laman Komando.com sebagaimana ditulis Albert Khoury, berikut cara mengenali dan menghapus ancaman Keyloggers.

Periksa komputer Anda

Keyloggers bisa jadi sulit ditemukan, tetapi bukan tidak mungkin. Sebagian besar program antivirus tepercaya secara otomatis memeriksa Keylogger. Jadi, sangat penting untuk memiliki satu yang melindungi semua perangkat Anda. Selain itu, pastikan sistem operasi Anda diperbarui secara berkala sehingga Anda mendapatkan tambahan keamanan yang membantu memblokir jenis ancaman ini.

Namun, karena beberapa Keylogger terus diperbarui dengan cara baru untuk mengakali deteksi, Anda mungkin ingin melakukan penggalian. Anda harus memeriksa daftar program yang diinstal untuk melakukan ini.

Jadi apa yang Anda cari? Cukup banyak hal yang asing atau mencurigakan. Jika Anda tidak mengenali nama suatu program, lakukan pencarian Google untuk mencari tahu apa itu.

Apa pun dengan kata Keylogger pada judulnya adalah hadiah mati. Beberapa program keylogging lain yang perlu diperhatikan termasuk DanuSoft, Refog, Spytech, Revealer, Ardamax, WinSpy dan Spyrix.

Berikut cara menemukan dan menghapus program yang terinstal untuk Mac dan PC:

· Hapus program di Mac

· Buka desktop dan klik Finder di kiri atas dan buka jendela finder baru

· Pilih folder Aplikasi Anda dan tinjau program yang terinstal.

· Anda dapat mengelompokkan aplikasi Anda dengan meng-klik opsi Lihat di menu dan kemudian Gunakan Grup. Ini akan membantu Anda menyaring semua aplikasi di komputer Anda.

· Memeriksa program di PC

· Buka Control Panel Anda seolah-olah Anda akan menghapus program. Cara sederhana untuk melakukan ini adalah dengan mengetik "panel kontrol" di kotak pencarian yang ada di pojok kiri bawah PC Anda.

· Selanjutnya, pilih Program lalu buang Program. Anda akan melihat daftar semua program yang diinstal di komputer Anda. Uninstall semua program yang menimbulkan kecurigaan.

Periksa ponselmu

Anda dapat mendeteksi Keylogger pada ponsel dengan memeriksa kinerja perangkat Anda. Apakah: berjalan lambat, sering panas, atau baterai terkuras lebih cepat dari biasanya? Ini semua adalah tanda bahwa ponsel Anda mungkin terinfeksi malware.

Jika ponsel Anda menggunakan data yang berlebihan, itu adalah tanda lain bahwa sesuatu yang mencurigakan sedang terjadi di latar belakang. Cari kejutan seperti tagihan yang tidak dapat dijelaskan pada tagihan Anda, tampilan, dan aplikasi yang tidak Anda instal.

· Hapus aplikasi dari iPhone Anda

· Sentuh dan tahan app di Layar Utama, ketuk Hapus App, lalu Hapus App.

· Anda juga dapat menggesek ke kiri untuk mengakses Perpustakaan App, ketuk dan tahan app, lalu ketuk Hapus App.

· Hapus aplikasi dari ponsel Android Anda

· Buka aplikasi Google Play Store.

· Di kanan atas, ketuk ikon Profil.

· Ketuk Kelola aplikasi dan perangkat > Kelola.

· Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda hapus.

· Ketuk atau Tap uninstall .

Hindari Masalah

Ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk melindungi perangkat Anda dari malware:

· Selalu perbarui perangkat Anda - Periksa pembaruan Android, iOS, macOS, dan Windows untuk tambalan terbaru dan perbaikan keamanan.

· Berhati-hatilah saat mengklik iklan atau membuka tautan - Jika Anda tidak mengharapkannya atau tidak mengetahui pengirim teks atau email, menjauhlah.

· Hanya unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi - Hindari yang lainnya seperti wabah.

· Selalu gunakan 2FA - Gunakan autentikasi dua faktor untuk keamanan yang lebih baik kapan pun tersedia. Ketuk atau klik di sini untuk detail tentang 2FA.

· Berhati-hatilah terhadap tautan dan lampiran - Jangan mengeklik tautan atau lampiran yang Anda terima dalam email atau pesan teks yang tidak diminta. Mereka bisa berbahaya, menginfeksi perangkat Anda dengan malware, dan mencuri informasi sensitif.

· Antivirus sangat penting - Selalu perbarui dan jalankan program antivirus tepercaya di semua perangkat Anda. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image