Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

UMP Menjadi Pusat Salat Idul Fitri Hari Ini

Info Terkini | Friday, 21 Apr 2023, 08:29 WIB
UMP Menjadi Pusat Salat Idul Fitri Hari Ini

Lapangan Mas Mansoer Kampus 1 Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Menjadi pusat salat Idul Fitri 1444 H. Hal itu dilakukan karena Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Hadir sebagai Khotif Assoc Prof Dr Makhful MAg Dekan Fakultas Agama Islam UMP, dan Imam Yogi Ikhlas Saputra mahasiswa Fakultas Agama Islam kampus tersebut.

“Alhamdulillah, berkat nikmat iman, Islam, dan ihsan, pada hari ini, Jum’at 1 Syawal 1444 H/21 April 2023 M, kita dapat berkumpul dalam majelis salat dan khutbah Idul fitri yang insyaa Allah dirahmati Allah Swt,” kata Assoc Prof Dr Makhful MAg dalam Khutbahnya.

Dalam kesempatan itu, khatib menyampaikan khutbah tentang “ Istiqamah Dalam Beribadah Pasca Bulan Ramadhan.

“Kita sudah berpuasa selama satu bulan penuh pada Ramadhan 1444 H. Sebenarnya tidak hanya berpuasa, akan tetapi ada amaliyah yang lain seperti qiyam Ramadhan, tadarus Al Qur’an, bersedekah berupa menu berbuka maupun sahur, i’tikaf menyambut Lailatul qadr di bulan Ramadhan. Kemudian hari ini, kita kaum muslim dan muslimat telah tiba di hari kemenangan. Pada hari ini kita memasuki hari kemenangan sebab telah berhasil menahan lapar dahaga, hawa nafsu, hingga segala larangan Allah Swt. selama Ramadhan,” ungkapnya.

Salah satu dari balasan orang yang siyam Ramadhan, lanjut Makhful, akan mendapat ampunan dosa-dosa yang telah lalu. Meskipun bulan Ramadhan telah berlalu, umat Islam tidak boleh lalai dari perintah Allah Swt.

“Kita harus senantiasa menjaga ketakwaan dengan menjalankan ibadah-ibadah yang telah kita kerjakan selama bulan Ramadan seperti berpuasa sunah, qiyamullail, tadarus al Qur’an, bersedekah dan mendirikan shalat berjamaa’ah di Masjid. Allah swt menyuruh umat Islam senantiasa bertakwa sebagaimana firmanNya dalam Surah Al-Hasyr ayat 18,” katanya.

Diperlukan tekad, keyakinan, dan iman yang kuat guna menghadapi tantangan, baik karena pekerjaan maupun hawa nafsu. Allah Swt. memberikan motivasi kepada umat yang bersungguh-sungguh dalam beribadah dalam Surah Al-Ankabut ayat 69.

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

“Salah satu perkara yang dapat dilakukan supaya kita istiqamah dalam beribadah adalah dengan muraqabah yakni mendekatkan diri kepada Allah Swt,” pungkasnya. (tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image