Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nimas Kesumo

Akses Internet Cepat, Mudahkan Siapapun yang Ingin Upgrade Diri Jadi Kartini Level Up

Pendidikan dan Literasi | Friday, 21 Apr 2023, 00:54 WIB

Hidup di era digital seperti sekarang, membuat kita memiliki akses tak terbatas pada berbagai informasi. Dengan adanya dukungan internet cepat, banyak hal baru kita temukan dengan mudah. Benar?

Namun sebagai seorang perempuan, tentunya kita juga bisa ikut mengambil peran di tengah perkembangan teknologi dan internet yang sangat masif ini. Lalu, bagaimana caranya?

Dengan meningkatkan kemampuan diri.

Saatnya Naikkan Kualitas Diri, Setiap Perempuan Berhak Mengembangkan Diri

Seolah kita akan dengan sendirinya flashback pada kisah Kartini ketika membicarakan hal seperti ini. Kartini menunjukkan pada kita, bagaimana seorang perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk kemajuan (baik untuk dirinya secara pribadi maupun kelompok lain).

Hidup di waktu yang berbeda dengan Kartini, tidak lantas menghapus semangat juang kita (para wanita) untuk tetap meningkatkan kualitas diri. Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan, untuk meningkatkan kemampuan diri di tengah era digitalisasi, seperti sekarang.

Lebih Mudah Mempelajari Hal Baru

Apakah yang menjadi minat teman-teman? Merajutkah? Menulis? Olahraga? Kini, sudah banyak akses untuk bisa mempelajari berbagai hal dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan internet, kita bisa dengan mudah mempelajari hal baru. Banyak sekali referensi yang bisa kita pilih di internet. Bahkan, tak sedikit komunitas yang juga bermula dari kegiatan daring.

Bahkan hanya bermodal gawai, kita bisa mempelajari sesuatu dengan mudah. Benar sekali, kesempatan untuk belajar tidak terbatas pada ruang sekolah saja.

Sudah bukan lagi saatnya diam di rumah tanpa skill apapun. Menjadi wanita di zaman ini, membuka peluang yang sama untuk kita mencari banyak pengetahun dan meningkatkannya.

Ruang Menyampaikan Pendapat Lebih Terbuka

Tentu saja kita semua ingat tentang surat-surat yang ditulis Kartini. Di sana ada semangat dan kegetiran yang hadir bersamaan. Semangatnya untuk “mendobrak” tak bisa bebas dikeluarkan. Sebab dulu, ada berbagai batas yang perlu dilewati Kartini dan itu bukanlah hal yang mudah.

Sekarang, ada berbagai platform digital yang bisa kita gunakan untuk menyuarakan pendapat. Semua media tersebut dapat kita akses dengan sangat mudah.

Dengan demikian, kesempatan kita untuk didengar juga lebih besar. Tidak melulu para perempuan harus berdiri di mimbar dan berorasi, karena melalui tulisan seperti ini pun bisa dilakukan.

Bahkan menariknya, internet telah menjadi salah satu alat untuk para wanita “bersuara” dengan diksi yang indah melalui berbagai tulisan digital.

Mengambil Peran untuk Lingkungan Sosial

Tentu saja kita tidak bisa lepas dari lingkungan sosial, karena kita juga bagian dari masyarakat tersebut.

Ada banyak kegiatan sosial yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan value diri sebagai seorang wanita. Mulai dari menjadi relawan hingga mendirikan sekolah gratis.

Dari berbagai kegiatan sosial yang kita lakukan, hal tersebut juga menjadi bukti bahwa wanita juga memiliki ruang yang sama untuk mengedukasi masyarakat.

Kini teman-teman juga bisa melihat, betapa banyak para wanita hebat yang dengan senang hati melakukan berbagai kegiatan sosial, khususnya dalam bidang pendidikan.

Mereka yang muncul di layar televisi maupun media sosial adalah perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi dan ingin membagikannya pada perempuan lain.

Hidup di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat, membuat kita mendapatkan banyak kemudahan dalam berbagai hal. Bayangkan saja, dulu Kartini butuh waktu alam untuk bisa membaca sebuah buku.

Namun sekarang, kita bahkan bisa membaca buku berbahasa asing dengan mudah. Benar? Tentu saja ini salah satu keuntungan dari adanya akses internet cepat. Seolah melipat jarak dan waktu.

Sudah seharusnya seperti. Selalu ada peluang dalam setiap perubahan zaman. Sekarang sudah banyak provider yang bermunculan. Sebagai perempuan yang melek digital, sudah seharusnya kita memilih provider yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Sebab jika tidak, hal tersebut justru akan menyulitkan kita untuk melakukan berbagai kebaikan, bukan? IndiHome dari Telkom Indonesia telah membuktikan, bahwa internet cepat juga perlu diimbangi dengan pelayanan yang terbaik.

Benar sekali. Sebab kita juga perlu mengetahui bagaimana sebuah provider menyelesaikan berbagai keluhan pelanggannya. Apakah responsif? Solutif?

Menggunakan internet provider cepat juga perlu kita seimbangkan dengan berbagai skill. Mari sama-sama ubah stigma, bahwa pengetahuan tentang internet hanya untuk kaum laki-laki saja. Bukankah dunia juga telah mencatat bagaimana peran wanita dalam perkembangan teknologi dan internet?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image