Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dompet Dhuafa

LPM Dompet Dhuafa Meriahkan Gema Ramadan di Lapas Kelas II A Paledang Bogor

Filantropi | Saturday, 15 Apr 2023, 11:22 WIB
Ramadan menjadi bulan rahmat bagi semua masyarakat di mana pun berada. Salah satunya bagi warga binaan di Lapas juga merasakan keistimewaan dari bulan Ramadan. Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa bersama Lapas Kelas II A Paledang Bogor menyelenggarakan Pesantren Kilat yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Maret hingga 8 April 2023.

BOGOR, JAWA BARAT — Ramadan menjadi bulan rahmat bagi semua masyarakat di mana pun berada. Salah satunya bagi warga binaan di Lapas juga merasakan keistimewaan dari bulan Ramadan. Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa bersama Lapas Kelas II A Paledang Bogor menyelenggarakan Pesantren Kilat yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Maret hingga 8 April 2023.

Selama pesantren kilat, para warga binaan diberikan materi keislaman untuk menjaga pemahaman agama para warga binaan dari mulai fikih puasa, retorika dakwah, akhlak tasawuf, dan keilmuan lainnya. Rangkaian kegiatan pesantren selama pesantren kilat diisi dengan kegiatan Buka Puasa Bersama, Khatimil Qur'an, Sholat Isya dan Tarawih berjamaah, lomba Adzan, lomba pidato, lomba hafalan Qur'an, Lomba Cerdas Cermat, hingga i’tikaf. Kegiatan ini pun diikuti oleh sekitar 200 orang warga binaan.

Kepala LPM Dompet Dhuafa, Moh. Noor Awaluddin Asjhar mengutarakan kegiatan ini merupakan wadah bagi warga binaan untuk memperbaiki diri.

"Di bulan Ramadan yang mulia ini menjadi momen untuk kita, bisa terus berusaha melakukan berbagai kebaikan. Semoga dengan adanya program pembinaan ini bisa memberikan manfaat positif bagi semua warga binaan," terangnya.

Tisep Oven Harry, A.Md.IP, SH, MA selaku Kasi Binadik menyampaikan rasa syukur atas kehadiran LPM Dompet Dhuafa dan MUI Kota Bogor untuk ikut dalam program pembinaan warga binaan di Lapas Kelas II A Paledang Bogor.

"Harapannya kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Selanjutnya yang paling utama adalah warga binaan dan petugas Lapas bisa mengambil hikmah dengan adanya kegiatan seperti ini, minimal ada peningkatan keimanan, takwa, dan ilmu terkait akidah," ucapnya.

Bertepatan dengan peringatan peristiwa Nuzulul Qur'an, kegiatan diselenggarakan di ruang serbaguna dan diakhiri pada sabtu (8/4/2023). Puncak kegiatan dilaksanakan berupa babak final dan pembagian perlombaan serta tausiyah yang di sampaikan oleh KH. Tb. Muhidin perwakilan dari MUI Bogor. Kemudian acara dilanjut dengan buka puasa bersama sampai sholat tarawih berjamaah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image