Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rafid Hakeem Budiman

Kemacetan Di Kota Bandung Saat Bulan Ramadhan Dan Upaya Penanggulanganya

Info Terkini | Thursday, 13 Apr 2023, 06:03 WIB
Sumber: Dokumentasi Pribadi. Kemacetan Bandung Di JL.Kebon Kawung Tanggal 09-04-2002. Diambil oleh Rafid Hakeem Budiman

Kota Bandung merupakan kota metropolitan yang memiliki arus lalu lintas yang padat pada hari biasa. Namun, pada saat bulan Ramadhan, kemacetan di Kota Bandung cenderung semakin parah. Banyak faktor yang menyebabkan kemacetan ini, dan perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah ini agar masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar dan nyaman.

Salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan di Kota Bandung pada saat bulan Ramadhan adalah meningkatnya volume kendaraan di jalan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang berpergian untuk mudik atau berbelanja kebutuhan buka puasa dan persiapan Idul Fitri. Selain itu, adanya perubahan waktu beraktivitas masyarakat selama bulan Ramadhan, seperti berakhirnya jam kerja lebih awal dan aktivitas ibadah tarawih, juga mengakibatkan peningkatan volume kendaraan di jalan pada jam-jam tertentu.

Faktor lain yang menyebabkan kemacetan di Kota Bandung saat bulan Ramadhan yaitu kegiatan bazar Ramadhan juga seringkali menempati jalan-jalan utama, sehingga mengakibatkan kemacetan yang semakin parah.

Untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung saat bulan Ramadhan, perlu dilakukan beberapa upaya. Pertama, masyarakat perlu diimbau untuk menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki jika memungkinkan, agar mengurangi volume kendaraan di jalan. Kedua, perlu dilakukan pengaturan jadwal kegiatan-kegiatan saat ramdhan agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan menempatkan titik-titik keberangkatan yang strategis untuk mengurangi kerumunan kendaraan.

Selain itu, perlu diterapkan sistem rekayasa lalu lintas yang efektif untuk mengalihkan arus kendaraan pada titik-titik yang rawan terjadi kemacetan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur lampu lalu lintas atau memberikan jalan alternatif bagi kendaraan yang tidak ingin terjebak macet. Perbaikan dan pemeliharaan rutin pada infrastruktur jalan dan jembatan juga perlu dilakukan untuk menjaga ketersediaan jalan.

Terakhir, perlu diatur waktu kegiatan bazar Ramadhan agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan menghindari menempatkan bazar di jalan utama yang sibuk. Sebagai alternatif, bazar dapat ditempatkan di lokasi yang lebih strategis dan mudah diakses oleh masyarakat.

Dalam kesimpulannya, kemacetan di Kota Bandung saat bulan Ramadhan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah ini agar masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar dan nyaman. Upaya tersebut antara lain menggunakan transportasi umum, mengelola tempat bazar dan menerapkan sistem yang lebih baik lagi kedepanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image