Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pentingnya Pendidikan Karakter di Zaman Serba Digital

Eduaksi | Wednesday, 12 Apr 2023, 15:48 WIB
sumber : https://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2020/08/29/pendidikan-karakter-di-sekolah-5f4a1fc3d541df4a77413572.jpg?t=o&v=770

Pendidikan karakter sebagai tujuan pendidikan nasional diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003 pada bab 1 pasal 1 ayat 1 tentang sistem pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa;”Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.Selain itu pendidikan karakter merupakan pendidikan tentang membimbing, mengarahkan dan memelihara nilai-nilai yang baik untuk menumbuhkan kepribadian yang baik, bijaksana sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Tujuan pendidikan karakter itu sendiri antara lain untuk mengembangkan potensi dan membangun karakter serta memiliki nilai-nilai budaya,untuk menciptakan perilaku yang terpuji yang sesuai nilai dan moral agama ,menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa ,selain itu tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan keterampilan peserta didik agar menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan berwawasan kebangsaan serta bersikap jujur dan kreatif.Dengan banyaknya hambatan dan ujian dari kemajuan teknologi ,pendidikan karakter ini sangatlah penting di zaman serba digital saat ini , diharapkan dengan diajarkannya pendidikan karakter ini bisa membawa dampak yang positif seperti membentuk karakter dan kepribadian untuk peserta didik . suatu bangsa dapat dikatakan berkarakter apabila telah berhasil menerima nilai-nilai dan keyakinan yang diinginkan masyarakat sebagai kekuatan moral dalam kehidupan. Pendidikan harus berperan aktif bagi bangsa, tidak lepas dari pembentukan jati diri bangsa dalam pembangunan karakter pembelajaran digital berkelanjutan di masa depan.

Banyak masyarakat yang masih belum memahami betapa pentingnya pendidikan di era digital. Sementara itu, sebagian masyarakat sudah bisa memahami pentingnya pendidikan karakter di era digital karena mereka telah melakukan tindakan tindakan kecil.Tidak dapat dipungkiri bahwa era digital ini sangat pesat, namun tidak diimbangi dengan pembentukan karakter yang baik. Maka dari itu pentingnya pendidikan karakter di era digital seperti saat ini.Nilai-nilai pembentuk karakter yang diwujudkan di era digital, seperti agama, pancasila, budaya, tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan karakter harus diajarkan kepada seluruh rakyat Indonesia sejak dini. Pendidikan karakter yang baik memiliki beberapa syarat dan indikator penting yang harus dipenuhi untuk mewujudkan masyarakat yang berkarakter baik seperti mengamali nilai nilai religius ,toleransi, kerja keras, disiplin, mandiri ,kreatif ,rasa ingin tahu, cinta tanah air, cinta damai, Peduli sosial danjuga tanggung jawab.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah antara lain:

- Menggabungkan nilai karakter dengan kegiatan sekolah untuk mengajarkan dan meningkatkan nilai karakter.

- Guru berusaha memberikan keberanian kepada seluruh siswa untuk mengungkapkan pendapatnya di dalam kelas melalui diskusi dan pengambilan keputusan yang demokratis.

- Sekolah selalu menyelenggarakan kegiatan perayaan bendera secara tertib dan bijaksana sesuai dengan yang diprogramkan untuk menanamkan dan meningkatkan poin karakter.

-Guru harus menjadi tokoh yang baik bagi siswanya, baik dalam bahasa maupun perilaku. Mampu memberikan teladan yang baik, nyata, menghadirkan akhlak yang pada akhirnya menentukan karakter peserta didik.

- Guru harus berusaha menjadi teman dan orang kepercayaan siswa, sehingga siswa secara sukarela mengadukan masalahnya.

-Guru harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang ada ke dalam bahan pelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image