Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asri Pratiwi Tenggara

Ramadhan Meningkatkan Keharmonisan Komunikasi dalam Keluarga dan Sosial

Agama | Tuesday, 11 Apr 2023, 02:25 WIB

Bulan ramadan merupakan bulan penuh rahmat, pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba menebarkan kebaikan untuk mendapat pahala dari Allah SWT. Bulan ramadan ini sangat unik dengan keistimewaannya seperti melatih seseorang untuk menahan hawa nafsu, berkata baik, berprasangka baik, dan prilaku terpuji lainya.

Bulan ramadan juga dapat meningkatkan keharmonisan komunikasi dikeluarga maupun dikehidupan sosial. Banyak pertikaian, perselisihan, atau permusuhan terjadi karna komunikasi yang buruk, dan untuk menyelesaikan permasalahan ini maka haruslah dilakukan komunikasi yang baik.

Seperti halnya masalah yang terjadi disuatu keluarga akan mencair pada saat mereka buka puasa bersama atau sahur bersama, akan terjadi komunikasi antar keluarga yang lebih baik karna masing-masing anggota keluarga telah melaksanakan puasa. Selain menahan lapar mereka juga menahan hawa nafsu, dan bersabar karna puasa merupakan proses memperbaiki diri baik orang dewasa maupun anak-anak.

Momen berbuka dan sahur ini akan menciptakan kehangatan dan membangun komunikasi yang efektif karna masing-masing anggota keluarga dilatih mengesampingkan egonya sehingga meningkatnya keharmonisan dalam keluarga.

Komunikasi yang bukuk akan menimbulkan kesalah pahaman, dan bahkan masalah yang sulit diseselaikan seperti ucapan yang kotor dan berbohong akan menimbulkan masalah baru dalam kehidupan dan pada saat puasa, kaum muslim dilatih untuk bertata jujur, berbicara yang baik, dan perbuatan terpuji lainya

Dalam kehidupan sosial, puasa dapat meningkatkan seseorang melakukan sikap terpuji seperti memberi santunan kepada anak yatim, atau berbagi takjil dilampu merah, dimesjid, kepada tentangga sesuai dengan kondisi dan kemampuan. Rasulullah pernah bersabda sebagai berikut: “Barang siapa memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa ia akan mendapat pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya (HR. At-Tirmidzi)”

Sungguh beruntung orang yang memberi makan orang berpuasa walaupun hanya satu helai roti, atau bahkan satu teguk air maka dia akan mendapat pahala puasa dari orang yang berpuasa tersebut. Sungguh mulia bukan? Bayangkan jika seseorang memberi 1 gelas aqua kepada 30 orang yang berpuasa maka dia akan mendapat 31 pahala puasa, 1 pahala puasanya dan 30 pahala puasa orang yang ia berikan air mineral untuk berbuka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image