Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Labib Alfaraby

Ramadhan di Negeri Andalusia

Agama | Thursday, 06 Apr 2023, 22:20 WIB

Ramadhan merupakan bulan yang selalu di nanti – nanti bagi setiap muslim dunia. Pada bulan ini, umat muslim seluruh dunia secara serentak menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim yang telah baligh. Puasa Ramadhan dilaksanakan bukan tanpa alasan, Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah Ayat 183 yang artinya “Kepada orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan (juga) kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Allah menghadiakan ketakwaan bagi individu yang menjalankannya dengan ikhlas. Disamping puasa Ramadhan, terdapat ibadah – ibadah lain yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan, yaitu tarawih, zakat, berbagi atau sodaqah , dan ibadah lainnya.

Spanyol merupakan negara yang mempunyai sejarah besar mengenai perkembangan islam di eropa, tepatnya pada abad ke-8 hingga abad ke-15, Spanyol dikuasai oleh umat Muslim dari Arab dan Berber. Pada periode itu, Spanyol dikenal dengan sebagai Andalusia yang telah memberikan banyak kontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, arsitektur, dan literatur. Salah satu ciri khas Andalusia adalah masjid-masjid dan istana yang megah serta indah yang memadukan elemen desain dari budaya Islam dan lokal. Namun, seiring berubahnya gaya kepemimpinan dan timbulnya dinasti – dinasti di Andalusia, Islam mengalami kemunduran dan pada tanggal 2 Januari 1942 kepemimpinan islam di Andalusia runtuh. Akan tetapi, sampai saat ini kita masih dapat menikmati bukti – bukti kejayaan Islam Di Spanyol.

Pada awal runtuhnya Islam di Andalusia, umat muslim di sana mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakan, sering terjadi penindasan dan lain sebagainya. Namun, dibawah pemerintahan Ottoman, umat Islam Spanyol kembali mendapatkan tempatnya dan dapat menampakkan identitasnya sebagai muslim. Saat ini, muslim di Spanyol berjumlah kurang lebih 2 juta jiwa atau sekitar 4.5 % dari keseluruhan penduduk Spanyol. Ngomong – ngomong mengenai bulan Ramadhan dan Spanyol, bagaimana sih jalannya bulan Ramdahan di negeri Andalusia itu. Berikut fakta – fakta unik bulan Ramadhan di Negeri Andalusia.

1. Ramadhan di Spanyol sangat berbeda dari Ramadhan di negara-negara mayoritas Muslim. Kebanyakan orang Spanyol tidak berpuasa selama Ramadhan, dan kegiatan sehari-hari tetap berjalan seperti biasa. Namun, di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, terdapat beberapa restoran dan toko yang menawarkan hidangan khas Ramadhan untuk menghormati tradisi umat Muslim yang tinggal di Spanyol

2. Umat Muslim di Spanyol juga memiliki kegiatan amal selama Bulan Ramadhan. Salah satu yang terbesar adalah "Ramadan Solidario", sebuah program amal yang diadakan di seluruh Spanyol untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung. Program ini melibatkan sumbangan uang dan makanan dari umat Muslim dan non-Muslim untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

3. Pada awal Bulan Ramadhan, waktu berpuasa di Spanyol dapat mencapai sekitar 15-16 jam sehari, sementara di akhir bulan, waktu berpuasa dapat menjadi sekitar 13-14 jam sehari. Namun, waktunya bisa berbeda-beda tergantung pada wilayah di Spanyol, misalnya di wilayah utara seperti Barcelona atau Madrid, waktunya sedikit lebih singkat dibandingkan di wilayah selatan seperti Andalusia atau Valencia

4. Meskipun dinasti Andalusia sudah lama berakhir, makanan khasnya masih tetap menjadi pilihan masyarakat muslim Spanyol sebagai menu berbuka puasa, di antaranya adalah Tempura Dates Sebuah hidangan buah kurma yang digoreng dengan bumbu racikan spesial. Sehingga membuat tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy, lalu Morrocan Tea with Tangerine ampuran tangerine espuma-nya menjadikan manisnya pas untuk minuman berbuka puasa, Lamb Al-Andalus Hidangan daging domba yang dimasak dengan teknik dan resep asli dari Spanyol. Hidangan ini disajikan dengan roti naan, dan Pandan Flan Sebuah hidangan penutup yang terbuat dari daun pandan. Selain itu, biasanya pandan flan ini dikombinasikan dengan parutan kelapa.

5. Berdasarkan kesepakatan pemerintah Spanyol dan Komunitas Islam Spanyol , Komunitas Islam yang tergabung dalam Komisi Islam Spanyol, berhak meminta off dari pekerjaan mereka pada hari Jumat antara pukul 13.00 hingga 14.20, serta menyelesaikan pekerjaan satu jam sebelum matahari terbenam, selama bulan Ramadan.

6. Terdapat beberapa kota di Spanyol yang memiliki sejarah panjang dengan budaya Islam, seperti Cordoba dan Granada. Meskipun sebagian besar penduduk di kota-kota ini bukanlah Muslim, namun banyak yang tetap menghargai warisan Islam mereka dan menghormati tradisi umat Muslim, termasuk puasa selama Bulan Ramadhan.

Demikian keunikan berlangsungnya bulan Ramadhan di Spanyol, masyarakat muslim sangat bergembira menyambut kedatangan bulan suci penuh Rahmat. Tentunya, masih banyak keunikan lain yang masih belum disebutkan, tetapi dari pemaparan di atas semoga kita dapat merasakan euforia bulan Ramadhan di negeri yang kaya akan secara perkembangan Islam di Eropa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image