Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nimas Kesumo

Jaringan Internet Cepat Bantu Tingkatkan Ibadah Selama Ramadhan

Agama | Thursday, 06 Apr 2023, 04:51 WIB

Bulan Ramadan sudah tiba. Rasanya kenangan tentang masa lalu selalu melekat, ya? Salah satunya adalah keriuhan ketika mengantre untuk minta tanda tangan imam sholat tarawih. Adakah yang punya pengalaman serupa?

Kebanyakan dari kita memang melewati setiap Ramadan dengan kenangan masa lalu, yang hiruk pikuknya seolah tak bisa digantikan di jaman serba digital ini.

Source : canva.com

Namun, jaringan internet provider ternyata memberikan banyak pengalaman baru yang juga tak pernah ada di masa lalu. Setuju? Kini, berkat jaringan internet cepat, rasanya melalui Ramadan bisa lebih produktif meskipun hanya di rumah saja.

Ada beberapa manfaat jaringan internet cepat yang juga aku rasakan selama Bulan Ramadan ini. Mau tahu? Simak cerita selengkapnya, di bawah ini,

Manfaat Internet untuk Ramada, Jaringan Internet Cepat adalah Rekan Terbaik

Waktu Ibadah Lebih Tepat 

Siapa yang sering ibadah mepet waktu? Huhuhu jangan sampai, ya. Mengingat ibadah adalah tiang agama, sudah seharusnya kita mengerjakannya di awal waktu, terlebih ketika Bulan Ramadan seperti sekarang ini.

Menggunakan internet provider, kita bisa melihat jadwal ibadah dengan tepat dan cepat. Sehingga meskipun sedang bepergian, tetap bisa melipir sebentar untuk menunaikan kewajiban.

Tempat Cari Ide Menu Berbuka dan Sahur

Sejak menjadi istri, rasanya ingin sekali memasak menu yang beragam setiap sahur dan berbuka, ya, hahaha. Meski kadang realita tidak seindah ekspektasi.

Namun paling tidak, dengan memanfaatkan jaringan internet cepat, kita bisa mendapatkan berbagai ide menu berbuka dan sahur lebih mudah. Bahkan sangat bisa disesuaikan dengan budget rumah tangga.

Meskipun budget terbatas, tapi tetap bisa menyajikan menu yang beragam dan tentunya tetap bernilai gizi.

Akses Mudah Kajian Daring

Nah, ini adalah salah satu manfaat internet selama Bulan Ramadan. Yakni bisa mengakses kajian keagamaan dengan sangat mudah dan cepat. Kebetulan aku adalah ibu rumah tangga, jadi banyak waktu yang habis di dalam rumah.

Menggunakan wifi yang didukung jaringan internet cepat, membuatku tetap bisa mendapatkan wawasan keagaaman bahkan kelas-kelas khusus Ramadan dengan lebih nyaman.

Meskipun di rumah saja, aku juga punya kesempatan yang sama besarnya untuk terus belajar, menambah pengetahuan dan tentu saja menguatkan iman.

Sedekah Virtual

Kini sedekah bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka. Apakah teman-teman juga pernah melakukan hal yang sama?

Sekarang sudah banyak platform digital yang menyediakan informasi tersebut dan bahkan bekerja sama dengan komunitas masyarakat tertentu. Sedekah virtual ini sangat memudahkan kita, ketika sasaran yang kita tuju berada sangat jauh.

Misal, kita ingin menyumbang donasi untuk bencana alam, maka hanya butuh waktu beberapa saat untuk mengakses platform tertentu yang akan menyalurkan donasi kita.

Bantu Dapatkan Tiket Mudik

Anak rantau sepertiku, pasti paham bagaimana rasanya berburu tiket untuk mudik lebarang :’)

Bahkan meskipun sudah dibuka beberapa bulan sebelum Idul Fitri, tiket tersebut juga sering habis jauh-jauh hari. Dengan menggunakan jaringan internet cepat, rasanya aku siap untuk war demi tiket mudik ini :D

Tetap Terhubung dengan Keluarga Meskipun Jarak Jauh

Memiliki banyak saudara yang semuanya tinggal di kota berlainan, membuat kami tak selalu bersama ketika bulan Ramadan maupun Idul Fitri.

Seringkali kami harus melepas rindu dengan menyapa secara virtual, salah satunya adalah dengan video call. Jika sudah begitu, kami sangat mengandalkan jaringan internet cepat agar komunikasi tetap stabil dan anti ngadat di tengah perbincangan.

Bahkan, ibu yang sudah lansia pun juga merasakan manfaat jaringan internet cepat ini. Beliau jadi lebih cepat dan mudah berkomunikasi dengan semua cucunya ketika sedang rindu.

Keberadaan internet memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan, bahkan telah menjadi gaya hidup. Internet memang ada untuk memudahkan kegiatan sehari-hari manusia, termasuk ketika Ramadan seperti sekarang.

Jaringan internet cepat seperti IndiHome dari Telkom Indonesia tentu tepat menjadi layanan provider masyarakat Indonesia. Sebab jika kita perhatikan, akses jaringan internet cepat yang diberikan sudah sampai ke pelosok Indonesia.

Banyak manfaat yang internet berikan kepada kita, beberapa contohnya adalah hal-hal di atas. Sebagai pengguna, memang keputusan untuk bagaimana memanfaatkannya ada di tangan kita.

Itulah mengapa, dengan adanya jaringan internet cepat seharusnya tetap membuat kita menjadi pengguna yang bijak dan tidak jumawa, bahkan ikut menyebarkan berita kebohongan maupun konten-konten bermuatan kekerasan.

Mari kita isi Bulan Ramadan ini dengan memanfaatkan jaringan internet cepat untuk beragam kegiatan yang bermanfaat, baik untuk kita secara personal maupun untuk kelompok masyarakat secara luas. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image