Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jenita Sari

Mekanisme Keuangan Syariah Berbasis Wadi'ah

Ekonomi Syariah | Tuesday, 04 Apr 2023, 19:02 WIB

Wadiah adalah sebuah aktivitas yang menacakup tentang penitipan barang, ini dilakukan antara pihak yang memiliki kuasa untuk melakukan penitipan serta mendapatkan kepercayaan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan, keamanan, serta keutuhan barang atau uang tersebut.
Selain menjadi akad. pengertian wadiah juga dianggap sebagai sebuah prinsip dalam menjalankan aktivitas perbankan syariah. sebagaimana yang anda ketahui bahwa bank secara umum beroperasi sebagai lembaga penghimpun dana dan penyaluran dana untuk masyarakat.Dalam ketentuannya tentang pengertian wadiah, terdapat 3 aspek yang perlu disepakati dalam mengeluarkan produk tabungan dengan prinsip akad wadiah. Ketentuan umum tabungan berdasarkan pengertian wadiah antara lain adalah:1. Bersifat simpanan.2. Simpanan bisa diambil kapan saja atau berdasarkan kesepakatan.3. Tidak ada imbalan yang disyaratkan, kecuali dalam bentuk pemberian ('athaya) yang bersifat sukarela dari pihak bank.
Agar akad wadiah bisa dijalankan dengan sah, ada rukun atau syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut adalah rukun dan syarat akad wadiah berdasarkan Kamus Ekonomi Syariah dari Mahkamah Agung RI.1. Muwaddi' atau pihak penitip2. Mustaua' atau pihak penerima penitip3. Obyek wadiah atau harta yang akan dititipkan4. Akad sebagai bukti kesepakatan penitipan harta. Dalam pelaksanaannya akad bisa dinyatakan dengan cara lisan, tulisan, serta isyarat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image