Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Ini 5 Cara Agar Tetap Segar dan Bugar Selama Ramadan

Edukasi | Friday, 31 Mar 2023, 13:16 WIB

TANGSEL. – Tidak adanya asupan kurang lebih selama 13 jam sehari, menyebabkan tubuh terasa lemas selama bulan Ramadan. Meski begitu, aktivitas sehari-hari harus tetap dijalani seperti biasa.

Doc: Rifa Al Afgani / PT Rumbaka

Hal tersebut tak hanya merubah pola makan, tetapi juga mengubah pola istirahat, akibatnya berdampak pada kondisi tubuh seseorang. Namun sebenarnya, tubuh akan mengambil glukosa atau lemak sebagai cadangan energi.

Kondisi tersebut memang wajar dirasakan, namun jangan sampai mengurangi produktivitas tubuh. Lantas bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap segar dan bugar selama puasa?

Dilansir dari laman Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, berikut 5 cara yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi konsumsi gorengan

Harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak, membuat orang-orang sering mengonsumsi gorengan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Namun hal ini perlu kita hindari, karena saat memakan gorengan sebagai hidangan berbuka bisa membuat tubuh cepat kenyang, padahal tubuh belum mendapat asupan gizi penting lainnya yang diperlukan tubuh setelah berpuasa seharian.

2. Perbanyak air agar tetap terhidrasi

Selama puasa, WHO menganjurkan minum air putih minimal 10 gelas per hari. Selain itu, asupan cairan bisa diperoleh dari makan-makanan yang menghidrasi, seperti buah semangka atau melon. Namun, air harus menjadi prioritas bagi tubuh agar tak terjadi dehidrasi.

3. Tambahkan konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan memiliki kandungan yang tinggi serat dan nutrisinya yang baik. Selain itu, bisa membuat tubuh kenyang lebih lama selama puasa karena tidak meningkatkan glukosa lebih cepat, serta mampu menjadi antibodi yang baik bagi tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap segar dan bugar.

4. Pentingnya makan sahur

Sahur sangat dianjurkan dalam berpuasa, jangan sampai tubuh tidak mengonsumsi makanan atau minuman saat sahur. Usahakan sertakan sayur, buah, atau makanan yang mengandung protein. Pentingnya asupan sahur untuk mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh tubuh selama berpuasa.

5. Hindari minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, soda harus dihindari karena membuat orang lebih sering buang air kecil dan menyebabkan dehidrasi. Kafein juga bisa mengiritasi ambung dan meningkatkan produksi asam lambung, sangat tidak dianjurkan bagi penderita maag mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka.

Nah, itu dia beberapa cara agar tubuh tetap segar dan bugar selama bulan Ramadan. Jangan lupa tetap perhatikan nutrisi yang masuk saat sahur dan berbuka ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image