Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Moestopo Jakarta

Universitas Moestopo Dorong Dosen Raih Hibah Penelitian dan Abdimas Kemendikbudristek

Eduaksi | Wednesday, 29 Mar 2023, 18:35 WIB
Universitas Moestopo Dorong Dosen Raih Hibah Penelitian dan Abdimas Kemendikbudristek / Foto: Dok UPDM (B)

JAKARTA - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi untuk menjadi kampus kelas dunia di masa depan. Karena itu, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya adalah dengan memperbanyak penelitian yang dilakukan para sivitas akademika Universitas Moestopo.

Menurut Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si, penelitian adalah salah satu hal yang wajib dilakukan, khususnya untuk para dosen. Karena itu, dilakukanlah Bimbingan Teknis dan Review Proposal Hibah Kemdikbud 2023 dengan tema 'Strategi Memenangkan Hibah Penelitian dan Abdimas Kemendikbudristek Tahun 2023.'

"Ini merupakan salah satu cara meningkatkan produktifitas dosen dan meningkatkan indikator peringkat universitas. Saya berharap penelitian dapat dijurnalkan. Dan bagi dosen tetap akan dibantu untuk jurnal internasional yaitu tiap dosen maksimal 2 jurnal," kata Prof. Paiman.

Selain jurnal, para dosen Universitas Moestopo diharapkan Prof. Paiman untuk dapat pula membuat buku ajar, buku referensi, buku monogram agar jabatan fungsionalnya bisa terangkat.

"Disini saya harap bapak-ibu berani menulis, bersaing dan punya motivasi untuk menang hibah," tegas Prof. Paiman.

Direktur LPPM Universitas Persada Indonesia YAI, Dr. Sularso Budilaksono, M.Kom. dalam pemaparannya menjelaskan jika ada banyak cara untuk memenangkan hibah penelitian, salah satunya adalah dengan rajin menulis artikel penelitian sehingga Sinta (Science and Technology Index) Score terangkat.

"Sebab untuk menjadi ketua pengusul perlukan minimal 50 SINTA Score untuk bidang saintek, dan 25 untuk bidang soshum dan seni," jelasnya.

Lebih lanjut Dr. Sularso menjelaskan bila dilihat dari komposisi jabatan dosen di Universitas Moestopo sudah sangat bagus. Menurut data Universitas Moestopo sudah memiliki 49 Asisten Ahli, 49 Lektor, 18 Lektor Kepala, dan 8 Profesor.

"18 Lektor Kepala ini berpeluang sangat besar untuk menjadi Profesor jika rajin menulis," lugasnya.

Mendengar penjelasan tersebut, di kesempatan yang sama, Kepala LPPM Universitas Moestopo Dr. Elis Teti Rusmiati, M.Hum mengucapkan terima kasih kepada Dr. Sulastro Budilaksono, M.I.Kom atas kesediannya memberikan ilmu kepada para dosen Universitas Moestopo untuk dapat meningkatkan penelitian dan hibah.

"Semoga ini menjadi langkah awal untuk makin meningkatkan kualitas pendidikan, bukan hanya di Universitas Moestopo, tapi juga di Indonesia," pungkas Dr. Elis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image