Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Rancang Aplikasi I-Can, Mudahkan Disabilitas Berjualan

Teknologi | Wednesday, 29 Mar 2023, 11:27 WIB
Muhammad Fajri Majid, mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juara 1 LKTI Tingkat Nasioonal (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Muhammad Fajri Majid, berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) pada Formadiksi Cup and Event (FCE) yang diselenggarakan oleh Universitas Riau dari tanggal 16 hingga 19 Maret 2023. Kompetisi LKTI tingkat nasional bertajuk “Building a Generation of Talented and Creative Students with Our Unity in Society 5.0” ini, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Fajri mengusung judul, “Perancangan Aplikasi I-Can untuk Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Menggunakan Sistem Usability Scale”. I-Can merupakan aplikasi e-commerce yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas agar mereka dapat berkarya dan menjual produknya secara mudah.

“Alasan saya memilih judul tersebut, karena sering kali ketika saya lewat, saya menemui penyandang disabilitas yang menjual koran bahkan mengamen yang bisa saja pendapatannya tidak stabil. Platform e-commerce seperti Shopee pun jarang banget mengangkat isu disabilitas karena highlight-nya umum. Makanya saya coba membuat platform agar para penyandang disabilitas bisa berkarya, bisa menjual produknya di platform e-commerce I-Can ini,” paparnya.

Aplikasi I-Can dilengkapi dengan voice over hingga cerita perjuangan para penyandang disabilitas sehingga benar-benar disable friendly. Atas raihan prestasi tersebut, Fajri mengaku sangat senang dan bersyukur. “Alhamdulillah senang sekali karena pada awalnya saya bahkan tidak menyangka akan meraih posisi ini. Sebab, teman-teman peserta lain juga sangat bagus sekali karya-karyanya,” ungkapnya.

Terakhir ia berharap, aplikasi I-Can yang saat ini masih dalam bentuk prototipe tersistematis, dapat dilirik pemerintah maupun universitas sehingga bisa betul-betul membantu memberdayakan para difabel. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image