Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Zidan Dzikrullah

Peran Asuransi Syariah Terhadap Perekonomian Indonesia

Ekonomi Syariah | Tuesday, 28 Mar 2023, 05:58 WIB

Indonesia merupakan salah satu negara di mana sebagian besar penduduknya adalah muslim, selain itu merupakan negara yang memiliki potensi yang tinggi supaya dapat mengembangkan sector ekonomi yang berprinsip syariah khususnya pada bidang asuransi, masyarakat Indonesia sudah kerap kali mendengar kata asuransi syariah. Asuransi syariah juga berkembang secara pesat dan mendapat banyak dukungan masyarakat karna adanya asuransi yang menggunakan prinsip syariah.

Seperti lembaga keuangan pada umumnya, asuransi syariah memiliki fungsi untuk dapat menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat umum untuk menabung. Secara umum tabungan asuransi syariah memiliki kelebihan dibandingkan dengan dengan menabung di bank konvensional, tabungan pada asuransi syariah dijadikan sebagai tempat simpanan untuk nasabah namun juga sebagian simpanan yang dimiliki peserta digunakan untuk berinfaq untuk menolong sesama nasabah yang sedang tertimpa musibah dan bencana, dalam bentuk tabungan tabarru’.

Sebagian masyarakat banyak mengetahui tentang asuransi syariah merupakan suatu lembaga di mana nasabah dituntut untuk mencicil maupun membayarkan sejumlah uang kepada lembaga asuransi syariah yang di mana uang tersebut nantinya digunakan sebagai penunjang diri sendiri maupun keluarga. Asuransi syariah bukan hanya bermanfaat pada diri sendiri dan keluarga tetapi juga bermanfaat untuk menolong orang lain yang ikut bergabung pada platform asuransi syariah. Sudah diketahui bahwa fungsi asuransi syariah yaitu lembaga keuangan yang menghimpun dana yang kemudian dapat digunakan untuk nasabah yang mendapat musibah yang sesuai dengan aturan yang telah diatur asuransi syariah tentang menanggung resiko antar sesama muslim atau antar sesama nasabah asuransi syariah.

Peran asuransi syariah pada saat ini sangat diperlukan seseorang untuk dapat mempersiapkan berbagai hal untuk tunjangan di masa depan. Peran asuransi juga merupakan wujud ibadah seorang muslim kepada Allah SWT, dengan menggunakan konsep tabarru’, asuransi syariah bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Adapun di dalam asuransi syariah istilah berbagi resiko secara tidak langsung dapat meningkatkan investasi dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga akhirnya akan memberikan dampak yang positif bagi perekonomian di Indonesia.

Peran asuransi syariah terhadap masyarakat yang bergabung pada lembaga asuransi syariah antara lain dapat mengalihkan resiko finansial yang disebabkan oleh kejadian atau musibah yang tak terduga sebagai proteksi untuk diri sendiri maupun keluarga, agar terbiasa menyisihkan dana dan mengelola uang untuk kebutuhan dimasa mendatang, pada masyarakat asuransi syariah adalah subsidi silang antar satu individu dengan individu yang lainnya, karena uang yang dibayarkan di asuransi syariah sebagian disetorkan untuk biaya tabarru’. Adapun asuransi syariah terhadap dunia usaha antara lain yaitu dapat meningkatkan loyalitas dan juga produktivitas karyawan pada suatu perusahaan, yang kemudian pekerja tersebut dapat kembali produktif karena memperoleh perawatan kesehatan yang maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image