Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Ramadhan Bulan Ujian

Guru Menulis | Monday, 27 Mar 2023, 20:57 WIB

Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh sebagian besar kaum muslimin di indonesia karena di dalam nya Allah SWT menjanjikan akan melipat gandakan berbagai pahala, selain itu ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan Rahmat dan ampunan. Namun ada satu julukan lagi untuk ramadhan yaitu bulan ujian. Terutama untuk siswa/I mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah.

Kegiatan Asesmen sumatif sekolah (dokumen pribadi)

Ujian sekolah atau yang sekarang bernama asesmen sumatif sekolah bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Asesmen sumatif sekolah dilakukan berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta SE no e-0021 tahun 2022. Dan dipertegas kembali didalam SE no e-108 yang berisi tentang rangkaian kegiatan semester genap tahun pelajaran 2022-2023 untuk seluruh sekolah di DKI Jakarta.

Bukan perkara yang mudah bagi siswa untuk dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh bapak dan ibu guru. Mereka harus bisa mengatur antara rasa lapar dan haus karena sedang berpuasa sehingga mereka bisa mengerjakan berbagai soal yang diberikan selama sepekan. Selain bagi siswa, sebagai guru juga diminta untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dalam mengerjakan asesmen sumatif sekolah. Bukan hal yang mudah juga bagi guru untuk menjadi panitia maupun pengawas dalam melaksanakan tugasnya di tengah kondisi yang sedang berpuasa.

Belum lagi sekolah diminta untuk melaksanakan berbagai kegiatan selain pembelajaran seperti biasa, sekolah juga harus menyiapkan berbagai kegiatan penguatan keimanan dan ketakwaan dan pendidikan karakter religius bagi siswa, sekolah diminta untuk tidak melakukan berbagai aktivitas fisik sehingga dialihkan dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus, pesantren ramadhan yang disesuaikan dengan keadaan sekolah masing-masing.

Bagi sebagian orang kedatangan bulan ramadhan disambut dengan suka cita, tetapi bagi sebagian siswa/I ramadhan kali ini mereka harus menyambutnya dengan kesiapan dalam menghadapi ujian, soal dan rasa ngantuk yang sangat luar biasa ketika mengerjakan soal ujian tersebut. Mereka juga diminta untuk mengatur waktu antara beribadah dan belajar dirumah. Peran orang tua sangat diperlukan agar anaknya benar-benar bisa mengerjakan ujian di sekolah.

Ramadhan kali ini merupakan bulan yang penuh dengan ujian mau tidak mau kita harus menghadapi ujian tersebut. Sebagai salah satu syarat bagi siswa untuk lulus dalam menempuh pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Hery Setyawan, M.Pd Guru SMPN 42 Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image