Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image waktu jakarta

5 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Mandi Air Panas

How To | Sunday, 26 Mar 2023, 01:02 WIB

Orang-orang telah berendam di mata air panas dan tempat air hangat lainnya selama berabad-abad, hanya karena rasanya enak, tetapi baru belakangan ini penelitian mulai mengungkap sejumlah manfaat kesehatan yang sah dari melakukannya. Manfaat mandi air panas sebagian besar dikaitkan dengan termoterapi, kadang-kadang disebut sebagai pemanasan pasif, yang untuk sementara meningkatkan suhu inti tubuh dan dapat secara positif memengaruhi kesehatan jantung, kontrol glikemik, dan peradangan tingkat rendah kronis, menurut ulasan mini yang diterbitkan dalam Journal of Fisiologi Terapan.

"Ini sangat mudah dan menenangkan, namun secara fisiologis ini memberikan sejumlah manfaat yang sama dengan berlari," kata Christine Patterson, DNP, seorang praktisi perawat kedokteran fungsional dan pemilik Vital Journey Wellness. "Saat pasien saya lelah atau depresi dan memiliki motivasi rendah untuk berolahraga, mandi air panas adalah salah satu cara untuk mendapatkan beberapa manfaat tanpa harus bersusah payah." Aktivitas fisik secara teratur tetap merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, tetapi mandi air panas bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas Anda saat tubuh perlu istirahat.

Beberapa hal yang perlu diingat: Sebagian besar studi ilmiah menyoroti suhu air dalam kisaran 100,4 hingga 105,8°F sebagai terapi. Apa pun yang lebih hangat dapat berisiko bagi orang tua, wanita hamil, anak-anak, dan siapa pun yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter perawatan primer jika Anda termasuk dalam salah satu kategori tersebut.

"Sebagian besar penelitian yang menunjukkan manfaat fisiologis membuat peserta mandi secara teratur, kadang setiap hari, paling tidak 3 sampai 4 kali per minggu selama sekitar 20 menit setiap kali," kata Patterson. Mandi, katanya, belum terbukti memberi manfaat yang sama, mungkin karena gagal menaikkan suhu inti tubuh ke tingkat yang sama.

Mandi secara teratur dapat mengeringkan kulit, jadi meskipun Anda harus menghindari mandi busa wangi dan produk dengan pewangi dan pewarna, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan minyak esensial atau garam Epsom. Selain itu, cukup jalankan air, bersandar dan nikmati manfaat mengejutkan dari mandi air hangat.

5 Manfaat Mandi Air Panas yang Didukung Ilmu Pengetahuan

1. Air Hangat Dapat Meredakan Otot yang Pegal

Pasca-olahraga bisa menjadi waktu yang tepat untuk menuai manfaat dari mandi air panas karena penelitian menunjukkan bahwa kehangatan dapat meredakan sakit dan nyeri. Menurut sebuah penelitian, melakukan beberapa terapi panas setelah berolahraga mengurangi nyeri otot hingga 47%. Dalam penelitian kecil lainnya terhadap 60 wanita paruh baya dengan fibromyalgia, menghabiskan waktu di kolam air panas tiga kali seminggu selama 16 minggu memperbaiki rasa sakit dan gejala lainnya.

2. Berendam di Air Panas Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak Anda

Studi yang sama terhadap wanita paruh baya dengan fibromyalgia menemukan manfaat lain yang menarik dari mandi air panas: Selain mengurangi rasa sakit, air hangat juga meningkatkan fungsi kognitif, kemungkinan karena panas menyebabkan pembuluh darah membesar dan meningkatkan aliran darah ke otak. Penelitian lain menemukan bahwa pria paruh baya yang rutin mandi di sauna memiliki risiko demensia dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Berendam Yang Baik Dapat Membantu Jantung Anda

Bersantai di bak air hangat juga melemaskan pembuluh darah Anda, karena panas menyebabkannya melebar, sehingga darah lebih mudah mengalir. Penurunan tekanan darah sementara ini mirip dengan efek olahraga dan mungkin memiliki manfaat kardiovaskular yang serupa. Sebuah studi selama 20 tahun terhadap lebih dari 30.000 orang di Jepang—di mana manfaat mandi air panas telah dianut selama berabad-abad—menemukan bahwa mereka yang mandi setiap hari (atau mendekatinya) 28% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular dan 26% lebih sedikit. cenderung terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang mandi kurang dari dua kali seminggu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart.

4. Mandi Air Panas Bisa Membantu Melawan Depresi

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa jalur yang sama di otak yang mengatur suhu tubuh terlibat dalam depresi. Ada beberapa bukti bahwa peningkatan suhu inti tubuh—katakanlah, dengan berendam di bak air hangat—dapat menyebabkan perubahan di otak yang meningkatkan hormon pengatur suasana hati seperti serotonin. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa, dalam hal ini, manfaat mandi air panas mungkin lebih besar daripada olahraga teratur.

Dalam sebuah penelitian terhadap 45 orang dengan depresi, mereka yang mandi dua kali selama 20 menit seminggu (pada suhu sekitar 104 ° F) memiliki peringkat yang lebih rendah pada skala depresi yang banyak digunakan dibandingkan dengan mereka yang berolahraga selama 45 hingga 50 menit dua kali sehari. minggu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam BMC Psychiatry. Meskipun ini adalah studi kecil dan penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan ini, temuan ini tetap patut diperhatikan.

5. Mandi Air Panas Sebelum Tidur Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Salah satu manfaat yang lebih mengejutkan dari mandi air panas tampaknya terkait dengan ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang berjalan menurut jam internal 24 jam dan dapat dipengaruhi oleh lingkungan kita. Salah satu proses tersebut adalah suhu tubuh. Biasanya, kita mendingin beberapa derajat saat kita bersiap untuk tidur. Secara berlawanan, mandi air panas mempercepat proses ini dengan menarik semua darah Anda ke permukaan yang dapat dengan mudah dibubarkan. Jadi, meskipun Anda mungkin merasa hangat di dalam bak mandi, Anda sebenarnya mendinginkan suhu inti tubuh Anda setelah Anda keluar, yang menandakan sudah waktunya untuk tidur.

Sebuah analisis dari 13 penelitian berbeda, yang diterbitkan dalam Ulasan Pengobatan Tidur, mendukung hal ini, menemukan bahwa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur membuat orang tidur lebih lama secara keseluruhan dan melaporkan kualitas tidur yang lebih baik. Menurut beberapa data, menghabiskan sedikitnya 10 menit dalam air sekitar 104°F satu atau dua jam sebelum tidur mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur hampir 9 menit. Silahkan menuju Wika Heat Pump di halaman produk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image