Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alieya Kartika Putri

Keuntungan Pinjaman Pegadaian Dibanding dari Lembaga Keuangan yang Lain

Bisnis | Friday, 24 Mar 2023, 14:52 WIB
Sumber gambar: industry.co.id

Tidak sedikit orang pernah mengalami situasi keuangan yang kurang mendukung hingga membuat mereka kebingungan mencari pinjaman sampai akhirnya memutuskan untuk melakukan pinjaman ke bank demi menutup kekurangannya.

Namun mendapatkan dana pinjaman dari bank terkadang tidak semudah mengambil uang dari atm, karena beberapa persyaratan dan kendala lainnya yang cukup sulit untuk dipenuhi.

Pernah kita mendengar lembaga milik negara berupa pegadaian yakni hanya tempat untuk menjaminkan harta benda untuk mendapatkan pinjaman dana dengan cepat. Namun, pengertian tersebut tidaklah seperti itu karena juga melayani kredit dengan proses yang hampir sama dengan bank serta beragam investasi salah satunya berupa emas batangan.

Kelebihan dan keunggulan melakukan pinjaman kredit di pegadaian

Perlu anda ketahui bahwa pegadaian itu merupakan lembaga pembiayaan resmi yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah. Oleh sebab itu, tidak heran jika jumlahnya cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Selain prosesnya yang tidak terlalu rumit, kredit di pegadaian juga memiliki beberapa keunggulan antara lain :

Persyaratan kredit – Ringan dan proses pencairan dana sangat cepat

Pastinya ketika anda melakukan pengajuan kredit di bank proses pencairan dana membutuhkan waktu yang relative lama, karena pihak bank masih melakukan proses verifikasi pengajuan data.

Namun, jika anda mengajukan kredit di pegadaian selain cukup singkat prosesnya, persyaratan yang harus dilengkapi juga tidak terlalu banyak.

Tidak perlu rekening – Dana akan di berikan secara tunai

Beberapa bank tertentu mengharuskan nasabah untuk tabungan terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi kartu kredit.

Namun beda halnya dengan sistem kredit yang diberlakukan oleh pegadaian dengan aplikasi permohonan bisa langsung diproses. Jadi ketika anda memutuskan untuk datang ke sana maka masalah keuangan yang sedang terjadi bisa langsung teratasi tanpa harus direpotkan dengan prosedur rumit.

Biaya administrasi – Tidak dikenakan pungutan apapun

Di pegadaian tidak ada pungutan biaya dalam bentuk apapun yang dibebankan kepada debitur, melainkan anda justru akan menerima uang. Penerimaan ini tentunya akan disesuaikan dengan perjanjian antara kedua belah pihak yang wajib dipahami oleh semua pihak yang terkait.

Simak juga ulasan terkait tetang beragam pinjaman dari bank BRI dan persyaratannya serta artikel menarik lainnya mengenai pinjaman dengan jaminan KTP dan KK.

Besarnya angsuran – Dapat menyesuaikan kemampuan peminjam

Umumnya cicilan yang harus dilakukan oleh debitur untuk setiap bulannya memiliki jumlah yang tetap sesuai bunga dibebankan jika mereka mengambil kredit di bank.

Berbeda dengan angsuran di pegadaian yang jumlahnya tidak tetap disesuaikan dengan kemampuan bayar nasabah. Dengan adanya kebijakan seperti ini diharapkan tidak mempengaruhi pemenuhan kebutuhan peminjam selama harus melakukan kewajiban pelunasan cicilan

Perhitungan bunga – Menggunakan sistem bunga menurun

Suku bunga yang diberikan kepada debitur besarnya tetap setiap tahunnya. Maksudnya adalah nilai bunga yang dibebankan sebanding dengan besar nilai pinjaman. Sehingga semakin besar pinjaman yang diajukan, maka bunga yang ditanggung pun juga akan semakin tinggi.

Mengingat pegadaian adalah lembaga yang di bentuk untuk meringankan masyarakat, maka suku bunga yang diberikan bersifat menurun. Semakin berkurang sisa nilai pinjaman, maka bunga yang dikenakan semakin bertambah kecil.

Jatuh tempo – Fleksibel dan bisa diperpanjang

Kesulitan ekonomi bisa terjadi kapan saja bahkan orang kaya sekalipun. Kebutuhan uang dalam jumlah yang cukup ini beberapa orang masih merasa sulit untuk memenuhinya karena minimnya penghasilan perbulan.

Mengajukan kredit di pegadaian merupakan pilihan yang tepat karena proses verifikasi dilakukan dengan cepat sehingga dana segera diterima oleh debitur.

Setelah menerima pinjaman dan dalam masa angsuran anda mengalami keterlambatan pembayaran, maka masa pelunasan juga mundur dan tetap diberikan bunga sebagai dendanya. Pembayaran angsuran dengan disiplin sangat dibutuhkan agar tidak berdampak terhadap beban angsuran di bulan berikutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image