Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dede Taufik

Cara Agar Hidup Bermanfaat dan Bermartabat

Guru Menulis | Friday, 24 Mar 2023, 06:48 WIB

Saya adalah manusia biasa. Tak banyak yang mengenal apalagi terkenal. Sebagai makhluk sosial, secara pribadi belum bisa bermanfaat untuk orang lain. Namun, ada keinginan besar dalam hidup, yakni ingin menjadi seseorang yang bermanfaat dan bermartabat.

Sumber Foto: Canva

Beberapa langkah sebagai upaya untuk menjadi seseorang yang bermanfaat dan bermartabat yang akan dicoba yaitu:

1. Menulis

Menulis merupakan bentuk pengabadian terhadap sesuatu hal. Baik yang berkaitan dengan sejarah, ilmu pengetahuan, sebuah cerita, dan lain sebagainya. Tanpa ada tulisan, sedikit kemungkinan kita akan mengetahui tentang sesuatu yang pernah terjadi di masa lampau. Begitupun dengan ilmu pengetahuan, yang waktu demi waktu terus mengalami perkembangan.

Meskipun bukan orang yang pintar dan berpengalaman, tak ada salahnya untuk memulai menulis. Bahkan sepintar apapun seseorang jika tak pernah dituliskan, maka akan sirna di masa depan. Dengan begitu, menulislah sesuatu tentang apa yang diketahui dan dialami. Dengan catatan, tulisannya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain baik untuk masa kini maupun juga masa depan.

2. Berbagi

Upaya kedua ini masih berkaitan dengan kegiatan yang pertama. Di mana, tulisan yang telah dibuat tidak disimpan dalam catatan pribadi. Melainkan dibagikan ke umum melalui media sosial, blog pribadi, maupun media daring seperti Retizen Republika ini.

Mengapa harus dibagikan? Alasannya sederhana yakni untuk saling berbagi. Pasalnya, bisa saja suatu cerita atau pengetahuan yang kita miliki dan anggap biasa. Namun, bagi orang lain cerita dan pengetahuan itu merupakan hal yang luar biasa dan sangat bermanfaat.

Selain upaya yang akan dicoba untuk menjadikan hidup agar dapat bermanfaat dan bermartabat sebagaimana yang diuraikan di atas adalah menjalani hidup dengan baik. Misalnya, melakukan interaksi sosial di lingkungan sekitar, turut serta dalam kegiatan di lingkungan sekitar, dan kegiatan lainnya yang relevan.

Sebagai catatan, tulisan ini merupakan sebuah tulisan yang mengawali diri untuk eksis di Retizen Republika. Untuk itu, saya ucapkan salam hormat dan salam kenal bagi semua Retizener. Dan, sukses serta berkah selalu untuk Republika dan kita semua. Aamiin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image