Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andi Pras

BreachForums, Situs Jual Beli Data Pribadi yang Dibobol Hacker Bjorka Ditutup Setelah Pendirinya Dit

Teknologi | Friday, 24 Mar 2023, 04:20 WIB

Situs BreachForums yang dikenal sebagai sarang hacker untuk jual beli data pribadi secara ilegal akhirnya ditutup secara permanen. Penyebabnya adalah penangkapan pendiri dan administrator situs tersebut oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI).

BreachForums adalah sebuah forum online yang beroperasi di dark web, yaitu bagian dari internet yang tidak bisa diakses dengan mudah oleh pengguna biasa. Di situs ini, para hacker bisa membagikan, menjual, atau membeli data pribadi yang didapat dari berbagai sumber, baik lembaga pemerintah, perusahaan swasta, maupun individu.

Salah satu hacker yang aktif di BreachForums adalah Bjorka, yang menjadi buronan pemerintah Indonesia karena membocorkan data pribadi sejumlah pejabat negara dan masyarakat Indonesia. Bjorka diketahui menjual data pribadi yang diduga berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), BPJS Kesehatan, IndiHome, dan lain-lain.

Bjorka juga sempat membagikan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Namun, keberadaan BreachForums kini terancam setelah FBI berhasil menangkap pendiri dan administrator situs tersebut. Dia adalah Conor Brian Fitzpatrick alias Pompompurin, seorang warga negara AS yang tinggal di New York. Dia ditangkap pada 18 Maret 2023 di kediamannya.

Menurut FBI, Fitzpatrick melakukan konspirasi untuk melakukan access device fraud atau tindak pidana yang melibatkan penggunaan akses perangkat yang tidak sah (disebut juga peretasan) untuk mendapatkan uang, barang, jasa, atau apa pun yang berharga. Bahkan perusahaan EXNESS menawarkan hadiah buat hacker yang berhasil hack websitenya.

Fitzpatrick diduga mengoperasikan BreachForums sejak 2016 dan mendapatkan keuntungan dari iklan dan donasi yang ada di situs tersebut. Dia juga diduga menyediakan layanan untuk membantu para hacker mencuri data pribadi dari berbagai sumber.

Jika terbukti bersalah, Fitzpatrick terancam hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda sebesar 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Pascapenangkapan Fitzpatrick, muncul administrator baru di BreachForums bernama Baphomet. Dia mengumumkan bahwa situs tersebut akan ditutup karena tidak lagi aman. Dia juga mengatakan bahwa dia akan membuat forum baru yang lebih baik bagi para hacker.

“Saya akan menutup forum karena kita bisa berasumsi bahwa tidak ada lagi yang aman,” tulis Baphomet di saluran Telegram ‘BreachForums’.

“Anda boleh membenci saya, dan tidak setuju dengan keputusan saya. Tetapi saya berjanji apa yang akan datang (forum baru) akan lebih baik bagi kita semua,” lanjutnya.

Namun, hingga kini belum diketahui apakah forum baru tersebut sudah dibuat atau belum. Sementara itu, status Bjorka juga masih misterius. Belum ada informasi apakah dia masih aktif sebagai hacker atau sudah tertangkap oleh pihak berwenang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image