Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Geliat Rakamin Academy Dorong Pertumbuhan Teknologi dan Digital di Indonesia

Olahraga | Monday, 20 Dec 2021, 16:07 WIB
Source : Sevima.com

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, perkembangan ekonomi di Indonesia mengalami pasang surut. Selain itu, pandemi pun turut mengubah beberapa sektor kehidupan, sehingga kini kebutuhan akan teknologi dan digitalisasi pun meningkat.

Hal tersebut, turut mendorong naiknya kebutuhan akan talenta digital. Namun perlu disadari bahwa literasi digital di Indonesia masih kurang memadai. Menyadari akan hal tersebut, Kominfo pun membuat program Digital Talent Scholarship sejak tahun 2018.

Hingga tahun 2021 ini, program Digital Talent Scholarship atau DTS sudah berhasil menelurkan 100 ribu awardee, yang siap bersaing, dan memenuhi tingginya kebutuhan akan talenta digital di Indonesia.

Sebagai informasi, program DTS yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), merupakan program beasiswa pelatihan keterampilan dan teknologi. Dalam hal ini, Kominfo tidak bekerja sendirian. Mereka menggandeng beberapa lembaga pendidikan di Indonesia dan beberapa perusahaan rintisan atau startup pendidikan.

Salah satu startup Edu Tech yang digaet Kominfo adalah Rakamin Academy, yang menaruh perhatian pada upskilling dan reskilling kompetensi teknologi dan digital. CEO PT Rakamin Kolektif Madani, Andika Deni Prasetya menyampaikan, “PT. Rakamin Kolektif Madani (Rakamin Academy) berdiri sejak Juni 2020, berdiri sebagai Edu Tech yang fokus pada bidang upskilling dan reskilling kompetensi teknologi dan digital.”

Ia menambahkan, program Digital Talent Scholarship 2021 yang digagas Kominfo sejalan dengan visi dari Rakamin Academy. “Selaras dengan visi Rakamin untuk membuat Indonesia menjadi siap untuk memimpin ekonomi digital di tahun 2045 nanti. Program Digital Talent Scholarship, memberikan pelatihan skill digital bagi para fresh graduates, lulusan sekolah vokasi dan Diploma, professional, ASN, hingga para pimpinan perusahaan maupun instansi.”

“Program Digital Talent Scholarship ini memberikan pelatihan intensif hingga sertifikasi internasional bagi para awardee. Setelah itu para awardee untuk beberapa program tertentu dibantu untuk dicarikan tempat magang hingga disalurkan kerja,” ujar Andika.

Menurut Andika, digitalisasi di Indonesia tak hanya menyangkut bisnis berskala besar. Namun UMKM pun harus mulai menyadari pemanfaatan teknologi dan digitalisasi. “Tidak hanya pada bisnis-bisnis besar, namun juga ke bisnis UMKM yang akhirnya mengubah seluruh konteks ketenagakerjaan. Namun sayangnya banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet hanya sebatas hiburan, belum menjadi alat produktif untuk menciptakan nilai bagi pekerjaan dirinya ataupun bisnis yang dijalankan,” ujar Andika.

Rakamin Academy sendiri, telah membantu memberikan pelatihan intensif di bidang digital marketing, produk dan inovasi hingga software engineering. “Hingga saat ini Rakamin Academy ikut memberikan pelatihan intensif sebanyak hampir 1000 siswa dan juga membantu penyaluran kerja dan pemagangan untuk mereka. Pelatihan digital secara intensif yang saat ini Rakamin berikan berupa Scrum Master, IT Perbankan dan Digital Marketing Specialist,” terang Andika.

Menariknya, Rakamin jadi satu-satunya mitra Kominfo yang membantu menyalurkan alumni Digital Talent Scholarship. “Beberapa alumni pelatihan Digital Talent Scholarship dan Rakamin sudah berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama seperti Zenius Education, hingga Citibank Indonesia,” jelas pria asal Bekasi ini.

Lebih lanjut mengenai kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada program Digital Talent Scholarship, Andika menyampaikan target mereka di tahun 2021 ini. “Dalam mendukung target Kominfo, untuk melakukan transformasi digital nasional pada tahun 2030, Rakamin Academy menjadi salah satu penyelenggara program Digital Talent Scholarship. program ini merupakan beasiswa untuk calon talenta digital dengan jumlah peserta hampir 100.000 awardee di tahun 2021,” katanya.

“Harapannya Pendidikan yang berkualitas untuk kompetensi digital dapat menjadi lebih inklusif dan menjangkau lebih banyak orang. Hal ini hanya bisa terwujud jika penyedia layanan Pendidikan, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat mau saling bekerja sama,” jelas Andika.

Menyoroti lebih dalam, Andika mengatakan bahwa kolaborasi dari berbagai pihak akan mempercepat pertumbuhan talenta digital di Indonesia. Ia berujar “Hal paling sederhana adalah bagaimana perusahaan dapat memberikan ruang lebih bagi para karyawannya untuk bisa berbagi keahlian dan mengajarkan generasi yang lebih muda, memberikan peluang magang yang baru dan dapat diakses lebih banyak orang. Pemerintah dengan memberikan berbagai program dan dukungan yang lebih luas dan kolaboratif. Hingga para penyedia layanan pendidikan yang dapat memberikan layanan yang lebih terjangkau,”

Andika juga berharap bahwa Rakamin bisa terus bekerja sama dengan Kominfo, dalam upaya menyiapkan talenta muda, di bidang teknologi dan digital, “Ke depannya Rakamin akan terus konsisten dalam menjalin kerja sama dengan Kominfo untuk melatih lebih banyak talenta muda untuk skill digital termasuk dalam pemagangan para awardee,”

Rakamin Academy berkomitmen di tahun 2022 akan memberikan layanan pendidikan berkualitas yang semakin terjangkau, namun tetap dapat menggaransi lulusan kami dalam mendapatkan pekerjaan. Salah satunya adalah melalui Kerjasama dengan Kominfo.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image