Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurrahmah Widyawati

Mengenalkan Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya pada Anak

Agama | Monday, 20 Mar 2023, 08:57 WIB

Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang umat Islam tunggu-tunggu kehadirannya. Yang tua dan yang muda, baik orang tua maupun yang masih anak-anak. Ini juga menjadi kesempatan untuk parents mengenalkan keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya pada anak di rumah lho.

Nah, karena sekarang ini era digital, maka cara mengenalkan keutamaan Ramadhan pada anak juga harus dengan cara yang menyenangkan. Parents bisa mengandalkan internet cepat untuk mencari berbagai inspirasi dan informasinya.

Diharapkan nantinya bukan hanya ritual yang mereka lakukan (terpaksa), namun juga dari hati yang terdalam hingga dewasa kelak. Parents masih bingung mulainya dari mana? Yuk kita ulas satu per satu. Ini berdasarkan pengalaman aku sendiri juga lho!

3 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya, Serta Cara Mengenalkannya pada Anak

 

  • Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) ” (QS. Al Baqarah: 185)

Parents bisa mengenalkan Al-Qur’an kepada anak-anak lewat teladan. Jika parents sering membaca Al-Qur’an di rumah, maka anak akan terbiasa juga dan akhirnya mencontoh kebiasaan tersebut. Parents juga bisa rutin mengumandangkan murotal di rumah.

Selain itu, parents bisa membacakan cerita kepada anak tentang kisah-kisah yang ada di dalam Al-Qur’an. Misalnya yang berkaitan dengan ayat mukjizat Nabi, dan sebagainya. Sekarang banyak juga kok buku-buku yang relate dengan ayat Al-Qur’an.

Jadi, saat anak sudah excited dengan cerita tersebut, tinggal kita memberi insight tentang ayat yang menunjukkan kisah tersebut. Jadi, alih-alih mengajari anak hanya membaca Al-Qur’an, parents bisa mengajarkan anak makna dan kisah dari isi Al-Qur’an itu sendiri.

Parents juga bisa membuat mainan printable sebagai media belajar, misalnya dengan mencocokkan gambar dengan ayat Al-Qur’an, mencocokkan gambar mukjizat dan Nabi pemilik mukjizat tersebut, hingga menebak potongan ayat/melanjutkannya.

Parents bisa membuat permainan di atas dengan aplikasi/website Canva, sangat mudah dan praktis asal parents memiliki internet cepat. Parents bisa membuat sticker juga sebagai tanda apresiasi anak dalam memahami Al-Qur’an berdasarkan usianya.

Akhirnya parents bisa mengenalkan Al-Qur’an sebagai salah satu keutamaan bulan Ramadhan pada anak. Ini sebagai pengingat bahwa turunnya Al-Qur’an ada di bulan Ramadhan, yaitu sebagai petunjuk serta pedoman hidup umat muslim.

 

  • Ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan di bulan Ramadhan

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Keutamaan bulan Ramadhan yang lain adalah terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam tersebut dinamakan malam Lailatul Qadar. Malam ini ada di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan dan pada malam yang ganjil (hanya Allah yang tahu).

Parents bisa mengenalkan anak tentang malam ini dengan lebih banyak melakukan ibadah. Ceritakan juga mengenai keutamaan dari malam Lailatul Qadar. Ajak anak ke masjid dan menikmati suasana Ramadhan yang tidak ada di malam-malam biasanya.

Membuat anak kagum dan senang dengan Ramadhan adalah hal yang patut parents perjuangkan. Bacakan lebih banyak buku pada anak, perbanyak ngobrol dan beraktivitas dengan mereka berkaitan dengan malam yang mulia satu ini.

 

  • Bulan Ramadhan dilipatgandakan pahala, terkabulnya do’a dan bulan penuh ampunan

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)

Pada bulan Ramadhan, pahala dilipatgandakan oleh Allah. Ajarkan anak untuk lebih banyak melakukan kebaikan, karena pahalanya akan berlipat ganda.

Ajak mereka berbagi kepada tetangga, orang-orang yang membutuhkan maupun orang tersayang. Jika memberi dalam bentuk makanan, ajak anak untuk ikut memasaknya juga. Parents bisa mencari resepnya di Youtube menggunakan internet cepat IndiHome by Telkom Indonesia. Cari resep yang mudah untuk anak ya!

Jika berbagi dalam bentuk barang, izinkan anak untuk membantu parents membungkusnya ataupun menulis kartu ucapannya. Selain melatih life skill, sifat dermawan, kasih saying, serta sifat kepedulian ini akan terus dicontoh anak hingga dewasa kelak.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan dimana do’a akan dikabulkan Allah. Adapun beberapa waktu yang mustajab untuk berdo’a adalah waktu sahur, saat berpuasa dan ketika berbuka puasa.

Ini kesempatan parents untuk mengajarkan anak mengenai tauhid. Bahwa hanya kepada Allah kita memohon sesuatu dan berharap akan berbagai hal. Meminta apapun itu, kita ajarkan untuk percaya terlebih dahulu pada Allah.

Beri juga penjelasan kepada anak bahwa di bulan Ramadhan dosa kita akan diampuni. Ini kesempatan untuk mengajarkan mereka arti maaf dan memaafkan dengan tulus. Kemudian ajarkan juga untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari, karena Allah sudah sayang dengan kita.

Penutup

Mengenalkan keutamaan Ramadhan dan dalilnya pada anak-anak memang susah-susah gampang, apalagi untuk anak usia dini. Butuh konsistensi dan latihan yang sangat menyenangkan agar mereka bisa menikmati Ramadhan dan akhirnya mau mengenali keutamaannya secara utuh.

Dengan bantuan internet cepat IndiHome, parents bisa mencari berbagai inspirasi kegiatan, resep makanan, hingga mengabadikan momen di media sosial saat Ramadhan bersama keluarga. Karena jaringannya tetap stabil meski cuaca berubah sekalipun.

Berbagai kegiatan yang bisa parents lakukan dengan anak untuk memaknai keutamaan bulan Ramadhan, meliputi :

 

  • 1. Menggambar/melukis dengan tema Ramadhan
  • 2. Mempersiapkan makanan untuk berbuka dan sahur keluarga
  • 3. Menonton tayangan yang bermanfaat
  • 4. Silaturahmi dengan saudara atau teman
  • 5. Membuat DIY kalender Hijriyah
  • 6. Mendekorasi rumah dengan tema Ramadhan, dll

Kegiatan di atas sesuaikan saja kesulitannya dengan usia anak masing-masing. Termasuk ajarkan anak berpuasa secara bertahap. Yuk parents kenalkan keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya pada anak!

"Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan," (HR. Ahmad).

Ciptakan momen berkesan mengenai Ramadhan di benak anak-anak kita. Sesungguhnya momen ini juga jadi reminder untuk kita sendiri selaku manusia dewasa dalam memaknai keutamaan bulan suci Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image